Saat berbicara tentang Investasi saham sudah pasti akan terbayang untung dan resiko dalam menjalaninya. Sebenarnya tidak di bidang investasi saja, akan tetapi di semua bidang pekerjaan sudah pasti ada sisi positif serta negatifnya. Oleh sebab itu, sebelum Anda bermain di dunia investasi saham sebaiknya kenali dulu beberapa keuntungan serta resikonya berikut ini.

Baca Juga: Ingin Mencoba Investasi Saham? Simak Tips Berikut

 

Keuntungan dan Resiko Menjalani Investasi Saham

Keuntungan Investasi Saham

Untung rugi dalam menjalankan bisnis itu sudah menjadi rahasia publik. Tak ada Gading yang tak retak itulah kata pepatah, artinya tak ada usaha yang Anda lakukan berjalan dengan mulus tanpa adanya resiko. Berikut ini terlebih dahulu akan di paparkan beberapa keuntungan dari Investasi Saham.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Investasi Saham

1. Memiliki Hak Pengakuan Pemilik Perusahaan

Saham yang diinvestasikan pada sebuah perusahaan adalah hak Anda seutuhnya. Selain itu Anda juga sebagai pemilik perusahaan serta mempunyai kewajiban ikut serta dalam menentukan strategi dan pemimpin perusahan.

2. Menerima Deviden

Salah satu keuntungan dari investasi saham adalah mendapatkan Deviden. Deviden akan diberikan secara merata kepada seluruh pemegang saham Semakin besar saham yang Anda miliki maka semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan.

3. Potensi Gain

Gain adalah keuntungan dari penjualan saham yang Anda miliki. Semakin melambung nama perusahaan yang terdapat saham Anda, maka semakin besar pula nilai jualnya. Kenaikan harga tersebut akan digunakan oleh Trade untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual beli saham.

Resiko Investasi Saham

Setelah mengetahui beberapa keuntungan investasi saham di atas tadi, maka selanjutnya Anda harus tahu resiko jika melakukan investasi saham. Simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Investasi Saham?

1. Capital Loss

Salah satu resiko yang harus Anda terima sebagai pemilik saham adalah capital loss. Hal ini terjadi jika harga jual saham yang Anda miliki lebih rendah dibanding harga beli. Demikian ini sudah sering terjadi dikalangan pemilik saham.

2. Suspend

Para Investor harus berhati-hati dalam menjalankan saham yang dimilikinya. Apabila saham yang Anda miliki terkena suspend maka akan diberhentikan kegiatan perdagangannya oleh pihak bursa efek. Sehingga para pemilik saham tidak dapat menjual sahamnya sampai suspendnya dicabut. Pada umumnya pencabutan akan dilakukan sehari perdagangan atau beberapa hari setelahnya.

3. Tidak Mendapatkan Dividen

Jika perusahaan tempat Anda menanam saham rugi maka salah satu resiko yang harus diterima adalah tidak mendapatkan Dividen. Dividen merupakan keuntungan dari saham yang Anda miliki apabila tidak mengalami kerugian. Lalu bagaimana jika terjadi sebaliknya? Kerugian akan menggerus modal yang akhirnya berdampak buruk pada kondisi keuangan perusahaaan.

Bagaimana? apa sudah yakin ingin berinvestasi setelah mengetahui beberapa keuntungan serta kerugiannya? Jangan khawatir sebab setiap usaha yang kita jalani sudah pasti ada untung dan rugi tergantung bagaimana kita menyikapinya. Demikianlah informasi seputar keuntungan dan resiko investasi saham yang dapat Anda ketahui, semoga bermanfaat.