Setiap pelaku bisnis, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan kata saham. Saham merupakan instrumen investasi kepemilikan seseorang atas perusahaan yang pemegangnya berhak untuk memantau penghasilan kekayaan yang ada di dalamnya.

Tidak sedikit orang di dunia ini yang berhasil menanam saham di perusahaan-perusahaan ternama. Bahkan yang awalnya hanya menanam saham, lambat laun ia pun mampu membangun perusahaannya sendiri. Mayoritas masih ada yang tidak tahu  bagaimana memulai  investasi saham yang dapat menguntungkan.  Ayo kenali cara-cara  investasi saham berikut ini.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Investasi Saham

Ingin Mencoba Investasi Saham Simak Tips Berikut

5 Cara Mudah Investasi Saham                  

Sebelum memulai berinvestasi saham, seyogyanya Anda sudah mengetahui langkah awal yang harus dijalani. Menentukan langkah dalam menanam saham sangat berpengaruh terhadap keberhasilan Anda. Banyak sekali penawaran-penawaran di luar sana yang menggiurkan, sehingga  Anda tertarik menjalin hubungan kerja sama di dalam maupun luar negeri. untuk itu Anda harus mengetahui tips-tips memulai saham yang benar.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Investasi Saham?

1. Anggaran Dana

Hal yang sangat penting Anda lakukan adalah menganggarkan besaran dana yang harus dikeluarkan serta yang akan disisihkan setiap bulannya. Jangan paksakan diri Anda untuk menanam saham di luar kapasitas. Jadi  besarnya persentase dana tergantung berapa besar persen yang sanggup Anda anggarkan. Sebab jika tidak maka akan terjadi “Besar Pasak daripada Tiang”.

2. Investasikan Dana Secara Rutin

Investasikanlah dana yang sudah Anda anggarkan sesuai dengan pilihan dan kapasitas Anda. Untuk Setiap bulan Anda harus menganggarkan dana yang sama atau lebih agar kemajuan investasi dapat Anda rasakan.

3. Kondisi Uptrend

Selanjutnya, tips yang harus Anda perhatikan adalah mengetahui saham tersebut sedang dalam kondisi uptrend. Minimal kondisi uptrend tersebut 3 tahun terakhir untuk investasi jangka menengah, dan 5 tahun terakhir untuk saham yang akan di investasi dalam jangka panjang. Ingat, jangan membeli saham jika perusahaannya dalam keadaan downtrend sebab itu dapat merugikan diri Anda.

4. Saling Mengenal

Tips yang kedua adalah Anda harus mengenali dengan siapa Anda bekerjasama serta bagaimana perusahaan yang dimilikinya. Jangan pernah membeli saham dari perusahaan yang sebelumnya Anda tidak tahu atau bahkan tidak pernah mendengar informasi-informasinya. Sebab investasi saham itu merupakan tabungan jangka panjang dan Anda sebagai salah satu pemilik perusahaan tersebut.

5. Saham Berkapitalisasi Pasar

Investasi akan mudah jika saham yang akan Anda beli memiliki nilai jual yang melambung. Saham yang berkapitalisasi pasar sangan Anda butuhkan agar pergerakan saham yang diinvestasikan benar-benar liquid. Pilihlah saham yang kapitalisasi pasarnya hingga mencapai 20 triliun bahkan lebih.

Demikianlah tips yang investasi saham yang dapat Anda lakukan. Jangan sampai salah langkah ya, baik buruknya perusahaan yang Anda beli sahamnya akan menentukan masa depan saham yang dimiliki. Semoga bermanfaat.