SIUP dan NPWP, sudah pernah dengar dua istilah ini? Jika belum, maka ada baiknya Anda meluangkan waktu membaca informasi berikut. Terlebih jika Anda memiliki keinginan untuk berbisnis, maka sudah pasti dua hal tadi akan sangat diperlukan. Ingin tahu lebih lanjut? Simak informasinya di bawah ini.

Pentingnya SIUP dan NPWP dalam Bisnis

7 Menit Mengenal SIUP dan NPWP dalam Bisnis

Secara harfiah SIUP merupakan surat izin yang dikeluarkan oleh instansi terkait bagi seorang pengusaha. Surat ini juga akan menjadi landasan bagi pengusaha dalam menjalani usahanya, sehingga usaha mereka pun tidak tergolong dalam usaha ilegal. Lalu bagaimana dengan NPWP?

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Sebuah NPWP

Sama seperti SIUP, NPWP juga merupakan bagian penting dari aspek legalitas bisnis. Jika SIUP adalah surat izin untuk berbisnis, sedangkan NPWP merupakan sarana administrasi yang akan mempermudah proses pengurusan pajak atas bisnis tersebut. Biasanya setiap bisnis akan mendapatkan NPWP dalam bentuk kartu dan memiliki beberapa digit angka.

Apa pentingnya memiliki dua dokumen ini? Bagi Anda yang ingin berbisnis, namun masih bingung dengan dua hal ini (SIUP dan NPWP), coba perhatikan beberapa alasan mengapa Anda harus memilikinya berikut ini. 

1. Aspek Legalitas

Alasan pertama adalah berkaitan dengan legalitas bisnis yang dimiliki. Lumrahnya bisnis yang dianggap legal jika memiliki dokumen resmi yang lengkap, diantaranya adalah memiliki SIUP dan NPWP. SIUP dapat Anda peroleh melalui lembaga perizinan perdagangan, sementara NPWP dapat Anda peroleh melalui dirjen pajak Indonesia.

2. Mudah dalam Mengurus Pajak

Alasan kedua mengapa Anda harus memiliki dua dokumen tadi adalah memberikan kemudahan dalam mengurus pajak. Sebagai pebisnis yang taat terhadap aturan dan hukum, maka sudah seharusnya Anda mengeluarkan pajak atas bisnis Anda. Diantara dokumen yang digunakan untuk mengeluarkan pajak itu adalah NPWP dan SIUP.

3. Bisa Berbisnis dengan Aman

Ketiga, kepemilikan SIUP dan NPWP dalam bisnis akan memberikan rasa aman saat menjalaninya. Mengapa demikian? Sebab dengan memiliki dua dokumen tadi, maka bisnis Anda dianggap legal. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir mendapatkan masalah saat menjalani bisnis yang dimiliki.

4. Mudah dalam Menjalin Kerja Sama

Terakhir, kepemilikan SIUP dan NPWP ini juga akan membantu Anda dalam menjalin kerja sama. Ketika terjadi perjanjian kerjasama antar beberapa pihak, maka sudah pasti memerlukan SIUP dan NPWP. Sebab hal ini pun akan berkaitan dengan aspek legalitas kerja sama tersebut.

Baca Juga: Seberapa Penting SIUP dalam Bisnis UMKM?

Itulah tadi beberapa alasan mengapa Anda memerlukan SIUP dan NPWP dalam berbisnis. Jika memang belum memilikinya, sebaiknya segera lakukan pengurusannya di lembaga terkait. Kepemilikan dua dokumen tadi menunjukkan bahwa Anda merupakan pebisnis handal dan taat terhadap aturan yang berlaku.  Demikianlah informasi seputar pentingnya SIUP dan NPWP dalam berbisnis, semoga bermanfaat.