Suatu usaha yang jika diharapkan kedepannya bisa berjalan dengan baik maka pemilik usaha tersebut perlu mengurus beberapa perizinan. Perizinan untuk semua usaha adalah SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan yang diterbitkan oleh dinas terkait. Bermodalkan SIUP ini maka pelaku usaha bisa mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam mengelola usaha.

Seberapa Penting SIUP dalam Bisnis UMKM

Keuntungan Memiliki SIUP Bagi Pelaku UMKM

Kepemilikan SIUP atau perizinan tak hanya dibutuhkan oleh pemilik usaha menengah ke atas, bahkan usaha kecil pun membutuhkannya. Meskipun dari undang-undang usaha UMKM jenis mikro tidak diwajibkan memiliki SIUP. Namun dengan mengurusnya sejak dini akan didapatkan banyak keuntungan, seperti:

Baca Juga: Apakah Usaha Pulsa Termasuk Dalam Kategori UMKM?

1. Mendapatkan Perlindungan Hukum

Mengantongi perizinan seperti SIUP bahkan untuk usaha mikro sekalipun bisa menjadi jembatan mendapatkan perlindungan hukum. Surat perizinan ini bisa menjadi kunci untuk menjaga keamanan usaha. Misal sebagai bukti legalitas kepemilikan sebuah usaha ketika lahan tempat usaha mengalami sengketa. Contoh lainnya adalah menjadi bukti legalitas yang bisa ditunjukan kepada petugas yang melakukan razia usaha liar.

2. Mempermudah Pengajuan Kredit ke Bank

Usaha sekecil apapun yang dijalankan besar kemungkinan akan berkembang dan membutuhkan kucuran modal tambahan. Modal ini bisa didapatkan dengan mengajukan pinjaman ke bank swasta maupun pemerintah. Pasalnya pihak pemerintah sendiri sudah menyediakan pinjaman modal yang disalurkan ke berbagai perusahaan perbankan.

Namun perlu diakui jika sebuah usaha memiliki SIUP yang menjadi bukti legalitasnya. Maka pihak bank akan lebih percaya dan lebih mudah memberikan persetujuan pada aplikasi kredit yang diajukan.

3. Kemudahan untuk Mengembangkan Usaha

Jika diperhatikan di setiap kota dan daerah maka akan menjumpai pameran UMKM yang diadakan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. Usaha yang ingin berkembang bisa ikut berpartisipasi di ajang tersebut. Sebab ajang tersebut membantu UMKM memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas.

Supaya bisa bergabung dalam ajang pameran UMKM ini maka Anda harus memiliki SIUP yang menunjukan legalitas usaha. Jadi, mengurus sejak dini SIUP ini sangat penting dan menguntungkan. Sebab tak hanya lebih mudah dikembangkan lewat kredit modal di perbankan namun bisa ikut pula di ajang pameran UMKM.

4. Membangun Kepercayaan Publik

Dipromosikan sekreatif apapun apabila sebuah usaha belum memiliki perizinan yang jelas maka akan sulit mendapatkan kepercayaan masyarakat. Apalagi masyarakat modern di zaman digital seperti sekarang perlu diakui semakin pintar dan semakin melek dunia usaha. Perizinan membangun jembatan kepercayaan baik kepada pemerintah, perbankan, bahkan masyarakat yang menjadi target pasar.

Baca Juga: Cara Menentukan Pajak Usaha Bisnis Pulsa

Mengurus perizinan ini memang awalnya sedikit ribet karena melewati beberapa tahap, namun bukan berarti sulit dan dipersulit dinas terkait. Sebab prosedurnya memang demikian dan sebaiknya berkonsultasi dengan dinas dimana Anda mengurusnya. Sehingga bisa mendapatkan saran dan dibantu agar SIUP segera keluar, Anda pun bisa menikmati semua keuntungan di atas.