NPWP, sudah pernah dengar istialh satu ini? Pada dasarnya NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) merupakan sarana administrasi yang berkaitan dengan perpajakan. Saat ini tersedia dua jenis NPWP yang dikeluarkan oleh lembaga terkait, yaitu NPWP Pribadi dan NPWP Perusahaan. Lalu apa pentingnya memiliki salah satu dari dua jenis NPWP ? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pentingnya Memiliki Sebuah NPWP

5 Fungsi NPWP yang Harus Diketahui Oleh Wajib Pajak

NPWP pada dasarnya memang memiliki dua jenis, yaitu NPWP Pribadi dan NPWP untuk Perusahaan. Jenis NPWP Pribadi diperuntukan bagi mereka yang memang telah dikenakan wajib pajak, seperti aparatur sipil negara. Sementara NPWP Perusahaan diperuntukan bagi perusahaan yang telah memenuhi kriteria wajib pajak. Baik NPNP pribadi maupun perusahaan memiliki fungsi yang sama besar, yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: Perbedaan NPWP Pribadi dan Perusahaan

1. Sebagai Persyaratan Perpajakan

Fungsi utama dari NPWP adalah sebagai pesyaratan untuk mengurus prihal perpajakan. Ketika Anda telah memiliki NPWP maka urusan perpajakan akan menjadi lebih mudah. Mulai dari membayar, mengetahui besaran pajak, bahkan juga memungkinkan meminta keringanan pajak yang sesuai dengan pendapatan Anda.

2. Kemudahan dalam Pengurusan Administrasi Bank

Fungsi kedua dari kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak ini adalah memberikan kemudahan saat melakukan proses administrasi di bank. Misalnya ketika Anda ingin mengajukan permohonan kredit, maka saat itu Anda akan diminta NPWP yang dimiliki. Tentunya kehadiran NPNP itu akan memberikan kemudahan, sebab Anda dikategorikan sebagai warga negara yang taat pajak.

3. Berguna Saat Melamar Pekerjaan

Fungsi ketiga dari NPWP adalah sangat berguna ketika Anda akan melamar sebuah pekerjaan. Ketika sebagai pelamar Anda memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, maka sudah pasti hal itu menjadi nilai plus bagi Anda. Alhasil peluang untuk diterima pada pekerjaan tersebut semakin besar.

4. Berguna Saat Melakukan Transaksi Investasi

Fungsi lainnya yang tidak kalah penting adalah Nomor Pokok Wajib Pajak akan diperlukan saat melakukan proses transaksi investasi. Pada dasarnya melakukan investasi memang sangat erat kaitannya dengan perpajakan. Kepelimikan NPWP sudah tentu akan sangat membantu Anda untuk menyesuaikan besaran pajak terhadap investasi yang ingin dilakukan.

5. Sebagai Syarat untuk Mendirikan Badan Usaha

Terakhir, Nomor Pokok Wajib Pajak juga diperlukan sebagai salah satu persyaratan untuk mendirkan badan usaha. Sebagai orang yang hidup di era millenial ini, maka sudah seharunya Anda memiliki NPWP ketika ingin mendirikan sebuah usaha. Selain menunjukan identitas sebagai warga negara yang baik, melalui NPWP Anda juga akan turut berkonstribusi dalam membangun negara ini.

Baca Juga: Mengenal Fungsi NPWP Perusahaan

Jika melihat beberapa fungsi dari NPWP yang telah dijelaskan, maka sudah semestinya Nomor Pokok Wajib Pajak ini dimiliki oleh setiap wajib pajak, baik perorangan maupun perusahaan. Bagi Anda yang belum memiliki NPWP, ayo segera ajukan kepada lembaga terkait dan jadilah warga negara yang taat pajak.