Saat ini, banyak orang lebih tertarik untuk menggunakan layanan jasa transportasi berbasis online, salah satunya adalah taksi online. Tak dapat dipungkiri bahwa jasa taksi online menawarkan berbagai manfaat dan keuntungan bagi para penggunanya. Namun demikian, hal ini juga tak menutup kemungkinan adanya beberapa risiko yang perlu diketahui saat menggunakan jasa transportasi tersebut.

Kenali Keuntungan dan Risiko Menggunakan Jasa Taksi Online

Keuntungan dan Risiko Gunakan Jasa Taksi Online

Seiring dengan semakin populernya layanan jasa transportasi online belakangan ini, hal ini menunjukkan bahwa jasa transportasi dengan menggunakan aplikasi online memang semakin diminati. Meski demikian, jasa taksi online juga memiliki sejumlah risiko yang perlu diwaspadai. Lantas apa saja keuntungan dan risiko menggunakan jasa taksi online? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Ojek Online

Beberapa keuntungan menggunakan jasa taksi online dibandingkan taksi konvensional antara lain:

1. Bisa Cek Tarif sebelum Naik

Salah satu kemudahan sekaligus keuntungan menggunakan layanan jasa taksi online adalah bisa mengecek tarif yang harus dibayarkan sebelum naik. Ini tentu sangat memudahkan karena penumpang bisa menyiapkan dana yang diperlukan untuk menggunakan jasa tersebut. Berbeda dengan taksi konvensional yang hanya mengandalkan perkiraan harga ataupun kebiasaan.

2. Tersedia Pilihan Metode Pembayarannya

Keuntungan lain menggunakan jasa taksi online adalah tersedia pilihan metode pembayaran yang bisa digunakan apakah ingin bayar dengan uang tunai, pakai kartu kredit, ataupun dengan memanfaatkan saldo yang sudah diisi pada akun aplikasi. Bahkan, seringkali tersedia diskon ataupun potongan harga bila melakukan pembayaran dengan menggunakan saldo ataupun kartu kredit. Tentu ini semakin menghemat pengeluaran.

3. Memiliki Informasi tentang Driver dan Kendaraan yang Digunakan

Ketika melakukan pemesanan layanan jasa taksi online, penumpang bisa mendapatkan informasi tentang pengemudi serta kendaraan yang digunakan seperti foto pengemudi, nomor teleponnya, serta jenis kendaraan bahkan plat nomor kendaraannya (meski tak semua aplikasi taksi online menyediakan informasi ini). Bahkan, penumpang juga bisa memilih driver mana yang akan digunakan jasanya.

Meski penggunaan layanan jasa taksi online memiliki sejumlah manfaat, nyatanya ini juga memiliki beberapa risiko yang perlu diketahui, di antaranya:

1. Driver Tak Selalu Profesional

Meskipun untuk menjadi driver pada layanan jasa taksi online juga membutuhkan proses pendaftaran dengan syarat dan ketentuan tertentu, hal ini tak bisa menjamin bahwa pengemudi jasa transportasi ini akan bersikap profesional. Bagaimanapun siapa saja bisa mendaftar dan masuk dalam aplikasi tersebut. jadi, sangat mungkin bisa pelayanan yang diberikan pun bervariasi tergantung dari masing-masing pengemudi itu sendiri.

2. Pengemudi Belum Tentu Paham Jalan

Tentunya, sebagai penumpang berharap pengemudi taksi yang digunakan tahu jalan menuju tujuan yang diinginkan. Namun demikian, pengemudi taksi online nyatanya belum tentu paham jalan. Biasanya, mereka mengandalkan aplikasi pemandu jalan seperti Waze ataupun Google Maps untuk membantu mereka bisa sampai ke tempat tujuan. Bagaimanapun, tak semua pengemudi taksi online profesional. Jadi, jangan kaget bila ternyata penumpang sebaiknya mengarahkan supaya mempermudah untuk sampai tujuan dengan selamat.

Baca Juga: Resiko yang Perlu Diwaspadai dari Ojek Online

Adanya layanan jasa taksi online memang memberikan banyak manfaat dan kemudahan. Namun demikian, hal ini tak dapat dipungkiri bila ada beberapa risiko yang mungkin terjadi. Jadi, dapatkan manfaat penggunaan jasa taksi online dan jangan lupa kenali juga beberapa risikonya.