Penggunaan ojek online belakangan ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebagian masyarakat memang cukup terbantu dengan keberadaan jasa layanan transportasi yang satu ini. Tak hanya dimudahkan untuk antar jemput saja tetapi layanan yang ditawarkan ojek online pun kini semakin meluas seperti pengiriman paket, pemesanan makanan, dan lainnya.

Ini Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Ojek Online

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Ojek Online

Ojek online nyatanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan penggunaan ojek online?

Kelebihan Penggunaan Ojek Online:

  1. Tarifnya Murah dan Transparan

Kemudahan menggunakan ojek online adalah tarifnya terbilang cukup terjangkau dan transparan sesuai dengan rute perjalanan. Semua tarif yang akan dibayar pengguna jasa sudah tertera dari awal melakukan pemesanan layanan ojek online. tidak perlu proses tawar menawar harga sebagaimana yang sering terjadi pada ojek konvensional. Belum lagi, ojek online seringkali menawarkan sejumlah promo dan diskon menarik bagi para penggunanya.

  1. Lebih Hemat Waktu dan Tenaga

Kelebihan lain dari menggunakan ojek online adalah lebih praktis dan hemat waktu serta tenaga. Pengguna jasa bisa memesan ojek di mana saja dan kapan saja dan sopir ojek akan datang ke alamat sesuai dengan pesanan. Penumpang hanya perlu menunggu driver ojek, duduk di kursi boncengan, dan sampai di tempat tujuan lebih cepat.

  1. Aman dan Terpercaya

Menggunakan ojek online dinilai jauh lebih aman karena semua proses bisa dilacak dengan mudah. Driver ojek harus melakukan registrasi dengan sejumlah syarat dan ketentuan. Penumpang pun bisa dengan mudah mengetahui rute perjalanannya sehingga bisa merasa lebih aman dan nyaman.

  1. Bisa Membayar Non Tunai

Kelebihan penggunaan ojek online lainnya adalah adanya sistem pembayaran non tunai yaitu dengan menggunakan kartu kredit ataupun e-cash. Bahkan, sejumlah penyedia layanan ojek online memberikan diskon bagi pengguna yang melakukan pembayaran non tunai. Ini tentu lebih menguntungkan.

Kekurangan Penggunaan Ojek Online:

Selain beberapa kelebihan yang ditawarkan, penggunaan ojek online ternyata juga memiliki sejumlah kekurangan. Apa sajakah kekurangannya?

  1. Jaringan Sering Bermasalah

Salah satu kekurangan penggunaan layanan ojek online adalah seringnya terjadi gangguan terhadap sistem. Hal ini cukup wajar karena aplikasi tersebut berbasis online. Tentunya, ketika jaringan mengalami gangguan maka baik driver ataupun konsumen hanya bisa menunggu hingga jaringan kembali pulih untuk bisa menggunakannya lagi.

  1. Kurangnya Pemahaman Driver terhadap Keselamatan Berkendara

Meskipun driver ojek online harus melalui registrasi terlebih dahulu dan melengkapi sejumlah persyaratan dan ketentuan, nyatanya tak semuanya memahami keselamatan di jalan raya. Tentu ini cukup membahayakan bila driver ojek online tidak memahami keselamatan berkendara.

  1. Hati-Hati Kemungkinan Tersebarnya Data Pribadi

Ketika mendaftarkan diri dalam aplikasi ojek online maka diwajibkan untuk mengisi sejumlah data pribadi termasuk nomor telepon, alamat, dan lainnya. data-data tersebut sebenarnya ditujukan untuk memudahkan driver menghubungi konsumen ketika kesulitan menemukan jalan atau alamat. Namun demikian, ada beberapa kasus penggunaan data pribadi tersebut untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini tentu harus diwaspadai.

Baca JugaKeuntungan Menggunakan Aplikasi OVO

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan ojek online sebagai salah satu jasa transportasi berbasis online. Dapatkan manfaatnya namun jangan lupa kenali risikonya supaya lebih aman, nyaman, dan selamat hingga tujuan.