Di tengah pandemi, berlibur mungkin masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian masyarakat. Meski libur di akhir pekan beberapa orang sudah mulai bepergian atau pergi ke tempat wisata untuk memanfaatkan hari libur tersebut.

Tidak hanya di masa pandemi, sebelum masa ini pun orang-orang yang berlibur pasti akan menentukan dimana mereka akan menginap nanti. pilihan tempat menginap pun selalu beragam di tempat-tempat wisata.

Anda yang akan memilih tempat penginapan pasti akan disuguhkan dengan berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel, hostel hingga hotel resor. Namun, selama berada di masa pandemi seperti sekarang ini, ada baiknya pilih penginapan dengan melihat bagaimana cara mereka menerapkan protokol kesehatan.

Setiap hotel yang buka di era baru seperti sekarang ini harus menerapkan protokol kesehatan yang menjadi acuan atau pedoman agar seluruh kegiatan dan orang-orang yang berada di hotel tersebut berada dalam keadaan yang bersih dan aman.

Pentingnya Memilih Penginapan Saat Pandemi

Penerapan Protokol Kesehatan di Tempat Penginapan

Ada banyak protokol kesehatan yang perlu diterapkan di tempat-tempat penginapan. Apalagi tidak ada yang tau apakah orang-orang yang datang untuk menginap tidak membawa virus covid-19.

Karena itu, Anda sebagai wisatawan juga harus pintar-pintar dalam memilih penginapan. Usahakan penginapan yang dipilih telah mengikuti protokol kesehatan seperti berikut ini.

1. Memeriksa suhu tubuh

Anda harus pastikan jika hotel yang nantinya akan jadi tempat penginapan adalah hotel yang menerapkan protokol kesehatan yang dilakukan mulai dari pintu masuk.

Anda bisa bertanya nanti sebelum memesan hotel, apakah hotel atau tempat penginapan tersebut memiliki thermo gun yang digunakan untuk memeriksa suhu tubuh dan ada petugas yang akan melakukan pengecekan. Jika ternyata tidak ada, silahkan cari tempat penginapan yang lain.

2. Menyediakan tempat mencuci tangan

Selain melakukan pemeriksaan suhu tubuh, tempat penginapan atau hotel juga harus menyediakan tempat mencuci tangan yang diletakkan di pintu masuk. Jadi para tamu yang datang harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melewati pintu sensor.

3. Proses check in hotel

Setelah memastikan jika hotel tersebut telah menerapkan protokol kesehatan, Anda juga perlu menanyakan bagaimana proses check in yang ada di hotel tersebut.

Hotel yang bagus dalam penerapan protokol kesehatan tentu akan memberikan penanda di lantai guna mengatur alur tamu-tamu yang datang ke hotel. Ada pengaturan jarak yang akan diberikan kepada para tamu sehingga tamu yang satu dengan yang lain tidak berdekat-dekatan.

4. Menggunakan APD

Orang-orang yang bekerja di tempat penginapan harus menggunakan APD atau Alat Pelindung Diri berupa masker, sarung tangan dan juga penutup wajah. Pastikan jika di meja resepsionis juga sudah disediakan hand sanitizer.

Memilih tempat penginapan disaat pandemi seperti sekarang ini sangat penting. Karena kita tidak akan pernah tau kapan virus covid akan menyerang tubuh. Jadi selain menjaga kesehatan dan kebersihan diri, Anda juga perlu mencari tempat penginapan yang tegas dalam menerapkan protokol kesehatan.