Menjajal peruntungan untuk berinvestasi melalui internet tentu sangat menarik untuk dilakukan karena lebih praktis dan juga ekonomis. Perlu diakui berinvestasi menjadi mudah dilakukan semua kalangan sejak layanan investasi online tersedia. Sebab investasi jenis ini memberikan opsional berinvestasi dengan dana terbatas, lantas bagaimana cara memulainya?

Pahami Cara Investasi Online dan Nikmati HasilnyaPhoto by bruce mars from Pexels

Tata Cara Investasi Online

Siapa saja yang tertarik berinvestasi melalui dunia maya, maka perlu mempelajari produk sekaligus tata cara mulai berinvestasi online. Secara umum langkah-langkah memulai investasi via internet ini adalah:

Baca Juga: Apakah Aman Melakukan Investasi Secara Online?

1. Membuka Rekening Produk Investasi

Langkah pertama menjadi investor online adalah membuka rekening untuk produk investasi yang dipilih, bisa saham maupun reksadana dan lainnya. Rekening ini biasanya dibuka lewat jasa broker yang akan membeli produk investasi di Bursa Efek. Pastikan memilih broker yang kredibel dan menggunakan aplikasi investasi yang bagus dan mudah digunakan.

2. Menanamkan Dana Investasi

Berselang antara satu sampai dua minggu maka rekening investasi online sudah jadi, pihak broker akan menghubungi Anda. Nantinya akan diinformasikan mengenai akses ke rekening tersebut dan Anda wajib segera melakukan deposit dana. Kirimkan dana atau modal investasi Anda dengan mengikuti instruksi, supaya dana tersebut bisa segera dikelola oleh broker yang dipilih.

3. Menginstal Aplikasi Investasi Online

Langkah berikutnya adalah menginstal software atau aplikasi online trading, yang bisa diinstal di handphone pintar ataupun komputer. Lebih praktis memakai perangkat mobile namun lebih nyaman memakai komputer dengan layar yang cenderung lebih lebar. Apapun perangkat yang digunakan pastikan menginstal aplikasi yang disediakan atau direkomendasikan broker.

4. Bertransaksi di Aplikasi Investasi

Aplikasi atau software yang sudah diinstal tadi tidak hanya untuk ditonton saja atau didiamkan. Melainkan diamati dan Anda bisa melakukan berbagai transaksi investasi di dalamnya secara real time, kapan saja dan dimana saja. Anda bisa mengecek setiap saat kondisi produk investasi yang dipilih. Sehingga bisa membeli baru atau menjual yang sudah ada sesuai dengan kondisi terakhirnya.

5. Terus Belajar Strategi Berinvestasi Online

Transaksi jual beli produk investasi online adalah hal lumrah untuk dilakukan, tujuannya tentu saja mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Namun pastikan paham ilmunya jangan asal membeli atau menjual. Sebab jika keliru nantinya Anda bukannya meraup keuntungan malah menderita kerugian.

Baca Juga: Resiko Melakukan Investasi Secara Online

Dianjurkan untuk mempelajari kondisi atau karakter dari produk investasi online yang dipilih. Supaya bisa tahu kapan waktu ideal untuk menjualnya atau malah mempertahankannya. Sekaligus tahu karakter produk investasi yang bagus untuk dimiliki sehingga bisa dibeli di moment yang terbaik.

Investasi melalui internet menjadi pilihan paling praktis, namun pastikan tidak dilakukan secara asal. Mulailah dengan benar untuk hasil yang maksimal dan Anda bisa memperhatikan sekaligus mempraktekan penjelasan di atas.