Internet kini tak hanya menjadi media untuk berbisnis namun juga berinvestasi, mengingat layanan investasi online berkembang dengan pesat. Hanya saja, amankah melakukan investasi melalui internet? Padahal untuk kegiatan investasi secara konvensional saja kerap mengalami kasus investasi bodong dan penipuan.

Apakah Aman Melakukan Investasi Secara OnlinePhoto by Tranmautritam from Pexels

Tips Agar Aman Berinvestasi Via Internet

Investasi online memberi kepraktisan untuk bisa mendapatkan pendapatan pasif, namun untuk meraup keuntungan. Pastikan berinvestasi dengan aman, berikut tips yang bisa disimak:

1. Memastikan Legalitas Lembaga Investasi Online

Menghindari investasi bodong di internet, maka wajib mengecek legalitas dari lembaga yang menawarkannya. Secara umum layanan keuangan bernama investasi diatur oleh OJK dan biasanya setiap perusahaan memiliki persetujuan dari OJK tersebut. Pastikan situs investasi online yang dituju mencantumkan persetujuan OJK.

Sehingga bisa dipastikan dari awal jika lembaga atau perusahaan tersebut memang legal. Selain adanya persetujuan OJK yang dicantumkan di halaman website, Anda juga bisa mengeceknya di situs resmi OJK. Sehingga bisa mengetahui perusahaan investasi online maupun offline mana saja yang sifatnya resmi.

2. Pilih Keuntungan yang Wajar

Kebanyakan masyarakat Indonesia mudah tergiur dan menjadi korban investasi bodong karena iming-iming hasil yang besar. Padahal investasi yang sehat umumnya menawarkan keuntungan yang kecil dan terus bertumbuh. Maka dianjurkan untuk memilih investasi online yang menawarkan keuntungan wajar, jika terlalu tinggi dari kondisi umum Anda patut untuk curiga.

3. Memahami Produk Investasinya Dulu

Apa yang hendak Anda investasikan sebaiknya dipahami atau dikenali dulu, karena sebagus apapun produk investasi tetap punya resiko. Jika memahami produknya secara mendetail maka bisa meminimalkan resiko merugi. Investasi online pun sebaiknya tetap mempelajari produknya seperti apa, setelah paham baru Anda menanamkan dana di produk tersebut.

Akan lebih aman dan terjamin jika Anda berkonsultasi langsung dengan situs yang menawarkan layanan investasi online. Apabila dikelola dengan profesional maka akan memberi tuntunan kepada nasabahnya agar tidak bingung. Sekalian Anda bisa menentukan kredibilitas situs investasi online tersebut.

4. Sudah Terbukti dan Memiliki Banyak Nasabah

Perusahaan investasi online yang terjamin aman dipastikan sudah memiliki banyak nasabah dan reputasinya pun tidak mencurigakan. Maka cari tahu dulu perusahaannya seperti apa, jika memang strukturnya jelas dan profesional. Dipastikan akan melayani banyak nasabah dalam berinvestasi online secara aman dan menguntungkan.

Cek testimoni para nasabahnya, bergabung pula dalam grup diskusi online tentang investasi di internet. Semakin Anda aktif semakin banyak yang bisa diketahui dan meningkatkan keamanan berinvestasi melalui internet.

Asalkan mau lebih teliti sejak awal maka berinvestasi secara online jauh lebih aman dan menyenangkan. Sebab praktis dan memberikan pemasukan tambahan dalam skala yang menarik, maka simak tips di atas agar terhindar dari investasi bodong.