Seiring dengan perkembangan teknologi yang kini serba digital, tentu hal ini cukup berpengaruh terhadap perkembangan bisnis UMKM. Era digital membuka pintu persaingan bisnis semakin lebar bahkan tak terbatas.Bila tak bisa mengatur strategi yang tepat maka bukan hal yang mustahil akan tersingkir dari persaingan bisnis yang ada.

Banyak pelaku usaha yang tetap bertahan dengan strategi konvensional yang akhirnya justru membuat omzet usahanya semakin menurun bahkan bangkrut. Inilah mengapa bila ingin UMKM yang dikelola mampu bertahan dan bahkan berkembang semakin maju di era digital maka butuh langkah perubahan strategi bisnis.

Baca JugaTips Bagaimana Memulai Bisnis UMKM

Strategi Supaya UMKM Tetap Survive di Era Digital

Lakukan Hal ini Agar UMKM Bisa Bertahan di Era Digital

Berikut ini sedikit tips supaya bisnis UMKM mampu bertahan di tengah persaingan era digital.

1. Manfaatkan Teknologi

Tentunya, di era digital para pelaku UMKM dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam strategi bisnisnya. Sebagian orang mungkin akan menganggap bahwa teknologi itu sulit dan membuat bingung. Padahal teknologi ada justru untuk memudahkan pekerjaan. Jadi, pastikan untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Misalnya, lakukan kegiatan pemasaran dengan menggunakan internet atau buat pembukuan dengan memanfaatkan komputer.

2. Optimalkan Media Sosial

Saat ini ada banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan dalam strategi bisnis seperti Line, Facebook, Twitter, dan lainnya. Optimalkan penggunaan media sosial tersebut sebagai bagian dari kegiatan pemasaran usaha. Cara ini tak hanya menghemat biaya tetapi juga mudah dilakukan. Pasarkan produk atau jasa melalui media sosial dengan membuat konten-konten yang menarik sehingga konsumen semakin tertarik.

3. Terapkan Pemasaran Digital

Bukan hanya media sosial saja, terapkan sistem pemasaran digital untuk lebih mengoptimalkan usaha. Pemasaran digital merupakan aktivitas promosi produk atau jasa dengan menggunakan media elektronik dan digital. Dalam hal ini bisa menggunakan jasa perusahaan jasa agensi digital profesional untuk membantu pengembangan kegiatan pemasaran bisnis.

4. Gunakan Aplikasi

Bukan hal sulit menemukan sejumlah aplikasi yang bisa memudahkan pekerjaan. Misalnya aplikasi akuntansi, aplikasi e-commerce, aplikasi pembukuan, dan lainnya yang pastinya bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pengelolaan usaha. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, tak hanya memudahkan pekerjaan tetapi juga lebih hemat biaya dan waktu. Aplikasi tersebut bisa membuat bisnis menjadi lebih efektif dan efisien sehingga usaha yang dikelola pun terlihat lebih unggul dibandingkan pesaing. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi terbaik untuk hasil yang lebih optimal.

5. Buatlah Inovasi

Tentunya bila ingin bisnis UMKM bisa bertahan bahkan semakin maju di era digital, inovasi menjadi strategi yang berperan penting. Inovasi dibutuhkan supaya usaha yangd ijalankan mampu bersaing dengan para kompetitor. Membuat inovasi memang tak semudah yang dibayang karena terkadang apa yang disiapkan tak bisa memberikan hasil signifikan. Namun demikian, memahami proses dengan baik maka menciptakan inovasi akan lebih mudah dilakukan.

Baca Juga: Contoh Bisnis UMKM yang Menjanjikan Kesuksesan

Persaingan bisnis di era digital memang menuntut para pelaku usaha untuk bertindak cermat, cerdas, dan jeli. Beberapa strategi di atas penting untuk diperhatikan supaya UMKM tetap bisa bertahan di era digital.