Saat ini bisnis yang sedang menjadi perhatian pemerintah adalah UMKM, terbukti dengan adanya berbagai wacana yang menyatakan bahwa usaha ini mampu menyumbangkan hingga 60% Produk Domestik Bruto (BDB) dan juga memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat.

Namun tidak sedikit diantara kita yang masih bingung memilih bisnis UMKM yang tepat serta menjanjikan.  Apakah Anda termasuk diantaranya? Jangan khawatir berikut ini contoh usaha kecil menengah yang dapat dicoba.

Contoh Bisnis UMKM yang Menjanjikan Kesuksesan

Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

5 Bidang Bisnis UMKM Terbaik yang dapat Dicoba

Berbagai macam alasan timbul dari masyarakat akan kebingungan memilih usaha yang tepat karena terkendala modal, pengalaman bisnis yang minim, hingga teknik pemasaran yang sulit. Tentu saja setiap usaha yang kita kerjakan selalu memiliki kendala, akan tetapi bisnis UMKM ini memberikan solusi dengan 5 bisnis terbaik yang menjanjikan. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis langsung saja cek di bawah ini.

1. Bidang Pendidikan

Sadar pentingnya pendidikan maka akan menjadi peluang usaha bagi masyarakat. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis dibidang pendidikan tidak harus membuka sekolah atau unversitas dengan modal yang besar, barangkali cukup dengan UMKM Anda sudah bisa berbisnis. Contoh usaha kecil mikro dan menengah dibidang pendidikan yang bisa Anda lakukan adalah membuka lembaga bimbingan belajar (kursus).

2. Bidang Kuliner

Bidang yang satu ini sudah barang tentu sangat populer di masyarakat dan tidak sedikit yang sukses dalam menjalankannya. Usaha kuliner memang bertumbuh dengan pesat karena makanan merupakan produk yang selalu dibutuhkan. Bisnis UMKM dibidang kuliner bisa Anda jalankan dengan berjualan kue-kue, cemilan hingga makan pokok.

3. Bidang Fashion

Peluang selanjutnya yang barangkali bisa Anda coba adalah bidang Fashion. Memulai usaha ini tidak harus memiliki butik berskala besar namun Anda dapat memulainya dengan skla rumahan saja terlebih dahulu. Amati trend fashion terkini lalu inovasikan dengan karya Anda sendiri.

4. Kreatifitas Produk Pengrajin

Online Shop kini sedang trending di berbagai kalangan dan bisa menjadi alternatif Anda membuka bisnis UMKM. Misalnya Anda seorang pengrajin yang memiliki berbagai keahlian, produk Anda dapat dipasarkan hasil melalui internet. Manfaatkan istilah 2R (Reuse dan Recycle) untuk menarik perhatian khalayak dalam membeli produk Anda.

5. Bidang Otomotif

Perkembangan otomotif di dunia saat ini sangat melaju dengan pesat, hal ini dibuktikan dengan berbagai keluaran terbaru kendaran roda dua dan roda empat. Lihat saja di kota-kota besar kemacetan terjadi di mana-mana. Bahkan saat ini padatnya kendaraan sudah  merambah ke daerah yang jauh dari perkotaan. Tentunya Anda dapat membuka bisnis UMKM dibidang otomotif yang menggiurkan seperti bengkel kendaraan, jasa cuci kendaraan, jual beli spare part dan masih banyak lagi usaha dibidang otomotif ini.

Demikian pembahasan mengenai 5 bisnis UMKM terbaik yang dapat Anda lakukan serta menjanjikan di Indonesia saat ini. Tinggal pilih Anda mau bisnis UMKM yang mana? Akan lebih baik apabila melakukan survey terlebih dahulu kebutuhan di sekitar tempat tinggal Anda agar pemasarannya sesuai target yang diinginkan.