Saat ini Investasi menjadi trending di dunia perbisnisan. Kali ini yang akan dibahas adalah Investasi saham dan trading saham yang sering kali membingungkan. Secara harfiah dua hal ini sama-sama metode keuangan untuk menambah kekayaan dalam jangka waktu yang panjang dengan membeli aset pada perusahaan. Namun hakikatnya Investasi saham dan trading saham memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Apa saja perbedaannya?

Ini Bedanya Investasi Saham dengan Trading saham

4 Perbedaan Signifikan Investasi Saham dengan Trading Saham

Karakteristik investasi saham dengan trading saham memiliki perbedaan secara signifikan. Sehingga jika ingin menjalankan dari salah satunya hendaklah Anda tahu terlebih dahulu perbedaan-perbedaannya. Berikut ini akan di ulasan beberapa perbedaan investasi saham dengan trading saham.

1. Waktu Pemegang Saham

Perbedaan yang paling menonjol diantara investasi saham dengan trading saham adalah waktu pemegang saham.

Investasi Saham: Seorang Investor saham dapat memegang saham dalam jangan waktu panjang bahkan bisa mencapai bertahun tahun lamanya.

Trading Saham: Seorang trader bisa saja memegang saham dalam jangka pendek saja, bahkan bisa hanya dalam hitungan menit sahamnya sudah diperjual-belikan.

2. Prinsip

Perbedaan selanjutnya adalah prinsip dalam pengelolaan investasi saham dan trading saham.

Investasi Saham: Prinsip pada investasi saham membeli sebagian saham perusahaan dengan prinsip membeli suatu bisnis sehingga dalam menaikkan saham butuh jangka panjang. Kemudian target yang menjadi incaran para investornya adalah pembagian keuntungan atau dividen.

Trading Saham: Trading saham memiliki perbedaan dengan prinsip dengan investasi saham. Perbedaan tersebut adalah trading saham membeli sebagian dari saham perusahaan untuk dimanfaatkan dengan cara di jual kembali secara cepat sehingga pergerakan harga saham alam jangka pendek.

3. Metode Pergerakan

Metode yang dilakukan untuk memantau pergerakan antara investasi saham dan trading saham juga berbeda.

Investasi saham lebih berorientasi kepada analisis fundamental: Setiap investor saham memiliki sifat yang sangat sentimen dalam kemajuan pergerakan perusahaannya. Ia akan selalu memantau metode pergerakan hingga keuangan agar prospeknya berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Trading Saham lebih berorientasi kepada analisa teknik: Pengamatan pergerakan harga saham yang dilakukan oleh trader saham adalah dengan melihat rentang grafik daily atau rentang waktu di bawahnya.

4. Profit

Profit atau yang sering kita kenal adalah target keuntungan juga memiliki perbedaan dibidang investasi saham dan trading saham. untuk lebih jelasnya berikut dijelaskan secara terpisah.

  • Investasi saham: Cenderung menargetkan untung yang besar sebab memanfaatkan momentum pergerakan harga saham dalam jangka panjang.
  • Trading Saham: Cenderung menargetkan untung yang kecil sebab memanfaatkan momentum pergerakan harga saham dalam jangka panjang.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Investasi Saham

Demikianlah beberapa perbedaan yang signifikan dari investasi saham dan trading saham. Semoga anda bisa memahaminya dan bermanfaat buat langkah Anda selanjutnya.