Zaman modern saat ini memang sedang maraknya bisnis yang dilakukan dengan cara online. Baik Anda sebagai konsumen beberapa produk yang dijual secara online, atau justru Anda ditawarkan untuk bergabung untuk menjadi partner bisnis. Berhati-hati jika Anda ingin memulai bisnis online sebab penipuan sering kali terjadi. Oleh sebab itu pelajari cara-cara menghindari penipuan bisnis online berikut ini.

5 Cara Menghindari Penipuan Bisnis Online

5 Cara yang Harus Anda Ketahui Untuk Menghindari Penipuan Bisnis Online

Saat ini begitu banyak sekali pengguna media sosial yang tertarik untuk melakukan bisnis online. Tidak sedikit orang yang meraup keuntungan dari berbisnis online dan tidak sedikit juga diantara mereka yang mengalami penipuan dari bisnis ini. Jika tergiur untuk memulainya, Anda harus benar-benar jeli. Oleh sebab itu berikut ini akan dijelaskan cara-cara menghindari penipuan berbasis bisnis online.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Penipuan Bisnis Online

1. Perhatikan Kontak Informasi

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghindari bisnis penipuan adalah dengan melihat informasi kontak secara detail. Jika mereka memberikan kontak berupa nomor handphone sebagai jalur Anda berkomunikasi sebaiknya Anda waspada. Sebab bisnis online yang profesional serta nyata selalu menggunakan layanan telepon tetap dan bahkan biasanya memakai faximile. Jika pun pihak mereka memiliki kontak handphone, itu hanya cara kedua untuk menghubungi mereka.

2. Pelajari Kerjasama Perusahaannya

Selanjutnya, agar Anda tidak tertipu dengan bisnis online, lihat dengan perusahaan mana mereka bekerjasama. Pada dasarnya banyak sekali bisnis online yang mengatakan jika mereka bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan ternama.

Agar terlihat menyakinkan biasanya pihak penipu akan mencantumkan nama-nama perusahaan ternama sebagai partner bisnis, memasang logo, produk dan foto pimpinan yang sangat mudah mendapatkannya di internet. Sebaiknya Anda harus mengecek langsung ke website perusahaan yang bersangkutan, apakah mereka benar-benar bekerjasama atau tidak.

3. Lihat Screenshoot atau foto PenghasilanĀ 

Anda perlu mewaspadai bisnis online yang sering sekali menguploud screenshoot atau foto penghasilan sebab bisnis yang benar-benar real tidak perlu pengakuan hal yang demikian.

4. Hindari Penampilan Komentar dari Member

Jika banyak sekali yang mereview bisnis tersebut dengan mengaku-ngaku sebagai member dengan komentar yang bagus-bagus, Anda harus mewaspadai. Sebab bisa saja itu sipemilik sendiri yang menggunakan akun fake untuk mengelabui Anda.

5. Hati-hati Dengan Informasi Bisnis yang Tidak JelasĀ 

Hati- hati jika mendapatkan informasi bisnis secara berputar-putar sebab itu salah satu contoh bisnis online yang hoax. Bisnis online yang benar-benar pasti akan menjelaskan informasinya secara detail tanpa berbelit-belit.

Itulah sobat, beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tidak menjadi mangsa penipuan para pebisnis online. Hati-hati dalam memilih bisnis online, sebab jika salah pilih maka akan merugikan diri sendiri. Pintar-pintarlah dalam menjadi member bisnis online dan ingatlah cara-cara menghindari penipuan bisnis online di atas.