Bisnis online sejak beberapa tahun lalu digadang-gadang sebagai media yang akan mencetak pebisnis handal dan sukses. Melihat kondisi sekarang tentunya sudah bukan lagi sebuah ramalan melainkan sudah berupa kenyataan. Pasalnya jumlah pegiat bisnis online yang meraih kesuksesan semakin banyak, beberapa merupakan anak muda dan beberapa lagi yang lainnya berada di usia matang.

Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Penipuan Bisnis Online

Menghindari Penipuan Berkedok Bisnis Online

Meski menawarkan kemudahan dalam pengelolaan bisnis sekaligus membuka kesempatan besar untuk sukses dalam waktu singkat. Bukan berarti bisnis di internet tidak memiliki resiko karena kasus penipuannya juga terbilang tinggi. Menghindarinya Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

Baca Juga: Daftar Peluang Bisnis Online dengan Keuntungan Menjanjikan

1. Mulailah Bisnis Online Sendiri dari Nol

Masa depan cerah dari bisnis online membuat siapa saja tertarik untuk menjajal peruntungan disini. Namun, sebagai pebisnis yang tidak ingin gulung tikar pastikan teliti dalam menjalankan bisnis online. Langkah paling aman adalah mendirikan bisnis online sendiri dari nol. Supaya sejak awal bisa memastikan semua atribut dalam bisnis online tersebut aman dan terpercaya karena kerja keras sendiri.

2. Gunakan Layanan yang Kredibel

Awam dalam urusan dunia maya menjadi sandungan tersendiri bagi seseorang untuk merintis bisnis online dari nol. Namun sandungan ini sudah memiliki solusi karena banyak jasa pendukung bisnis online bisa digunakan. Mulai dari jasa pembuatan website, jasa backlink, jasa SEO, dan lain sebagainya. Pastikan jasa jenis apapun yang digunakan merupakan jasa profesional dan kredibel, jika bergaransi maka semakin bagus.

3. Tidak Mudah Tergiur Oleh Harga Murah

Menjalankan bisnis online tak hanya membutuhkan jasa tertentu yang disebutkan di atas saja. Namun juga memerlukan layanan lain untuk membantu bisnis berjalan  baik, misalnya supplier. Apapun jasa dan kerjasama yang dibutuhkan pastikan memilih secara seksama dan tidak mudah tergiur oleh harga murah meriah. Kecuali jika bergaransi dan disediakan oleh penyedia jasa yang terbukti kredibel.

4. Simpan Semua Bukti Transaksi dan Percakapan

Transaksi bersama konsumen maupun dengan partner bisnis pastikan disimpan dengan baik dan diarsip serapi mungkin. Sebab bisa menjadi bukti jika terjadi situasi yang tidak diinginkan. Misalnya konsumen mangkir dari kewajibannya membayar barang ataupun jasa yang dipesan. Tak hanya bukti transaksi seperti bukti transfer saja, bukti percakapan pun sebaiknya disimpan baik-baik.

5. Bergabung Dalam Grup Bisnis Online

Bisnis online akan lebih mudah ditekuni dan dijamin aman jika memiliki ilmu yang memadai. Bergabung dalam grup-grup bisnis online di sosial media maupun forum online menjadi tindakan tepat. Semakin banyak member membagikan kisah dan ilmunya, semakin banyak manfaat bisa didapatkan.

Bisnis online menjadi media baru untuk mendapatkan sumber pemasukan, dan dikenal lebih mudah dan ramah modal. Namun pastikan menjalankannya tanpa resiko penipuan dan Anda bisa mempraktekan uraian di atas.