Usaha waralaba atau memang menjadi pilihan menarik karena menawarkan usaha yang sudah siap untuk dijalankan. Waralaba ini terus berkembang dan saat ini merknya semakin banyak dengan produk yang sangat beragam. Meski praktis dan perhitungan profitnya jelas namun usahakan tidak buru-buru dan asal dalam memilihnya, sebab ada resiko tertipu oleh waralaba atau franchise yang ditawarkan kepada Anda.

Waspada Penipuan Bisnis Berkedok Waralaba atau Franchise

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Waralaba

Menjalankan bisnis tidaklah mudah dan ketika ada penawaran waralaba yang menggiurkan dijamin akan langsung tertarik. Namun tetap waspada karena ada kasus penipuan dengan kedok waralaba, menghindarinya bisa menyimak beberapa tips di bawah ini:

1. Memilih Waralaba atau Franchise yang Produknya Menarik dan Unik

Terhindar dari penipuan yang menggunakan modus usaha waralaba maka Anda bisa mengecek karakter produknya. Pastikan produk yang dimiliki waralaba tersebut unik dan menarik sekaligus pangsa pasarnya terbilang luas. Mengapa? Sebab menciptakan produk yang berbeda butuh usaha dan seorang penipu tak akan sempat melakukannya.

2. Pastikan Banyak Direkomendasikan 

Franchise yang sudah jelas dan dikenal luas tentu lebih terjamin keamanannya, meskipun ada saja waralaba baru. Namun jika ingin aman pastikan mengutamakan waralaba yang sudah dikenal. Sekaligus banyak direkomendasikan, akan lebih aman jika waralaba tersebut juga dijalankan oleh orang terdekat. Baik itu saudara, teman sekolah, maupun tetangga.

3. Perizinannya Jelas

Usaha franchise atau waralaba yang terpercaya dijamin akan memiliki perizinan yang jelas, dan bisa dibuktikan. Bisa melalui dokumen yang menunjukan legalitas waralaba tersebut atau aset waralaba yang sudah terdaftar. Sebab baik merk, produk, sampai desain kemasan dan lapak tentu perlu didaftarkan sebagai hak intelektual. Jika tidak bisa membuktikannya, bagaimana bisa disebut sebagai waralaba?

4. Sudah Terbukti

Merknya ada dan memang dijadikan pilihan beberapa pelaku usaha di daerah tempat Anda tinggal. Jika sudah ada bukti semacam ini maka tidak perlu ragu untuk berinvestasi membeli merk waralaba tersebut. Namun jika merknya masih baru, belum teruji, dan tidak ada bukti kesuksesan dari pelaku usahanya.

Akan lebih baik jika beralih ke waralaba lain yang lebih terjamin. Sebab selain lebih aman, juga memastikan pangsa pasarnya sudah terbentuk. Mengingat semakin dikenal luas sebuah brand waralaba maka semakin mudah untuk dipasarkan. Sekalipun menggelar lapak di lokasi kurang strategis.

5. Reputasinya Jelas dan Terpercaya

Waralaba yang bagus dan bebas dari unsur penipuan juga dibuktikan dengan reputasi yang jelas dan bisa dipercaya. Membangun reputasi bukanlah hal mudah namun jika sukses menjaga reputasinya. Maka tidak ada alasan untuk menolak kesempatan membuka usaha praktis dari waralaba tersebut.

Usaha waralaba atau franchise memang menawarkan kemudahan, tinggal menggelontorkan modal dan sudah bisa mendapatkan profit usaha. Namun, usahakan tetap teliti agar tidak mudah menjadi korban penipuan yakni dengan memperhatikan tips di atas.