Urban farming, apakah sahabat telah mengenal istilah ini? Secara sederhana urban farming merupakan upaya untuk mengubah lahan terbatas menjadi lahan produktif. Misalnya mengubah lahan sempit di pekarangan rumah untuk ditanami berbagai aneka jenis sayuran.

Hal ini pun cukup banyak dipraktikkan oleh masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan mereka. Bahkan tidak sedikit pula yang berhasil menambah pemasukannya. Lantas bagaimana dengan peluangnya di tengah pandemi covid-19 ini? Simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Urban Farming dan Peluangnya di Saat Pandemi Covid-19

Peluang Urban Farming di Masa Pandemi Covid-19

Memanfaatkan lahan agar produktif tentu merupakan suatu hal yang baik. Urban farming merupakan salah satu bentuk pemanfaatan lahan yang digunakan untuk berkebun. Barangkali aktivitas berkebun bukanlah hal tabu, namun bagaimana dengan berkebun di lahan sempit.

Sungguh menarik bukan? Minat masyarakat terhadap urban farming pun cukup meningkat di tengah pandemi covid-19 ini. Berikut uraian selengkapnya tentang peluang urban farming di masa pandemi covid-19.

1. Sayuran Merupakan Salah Satu Kebutuhan Pangan

Pertama, kita mengetahui bahwa sayuran merupakan salah satu kebutuhan pangan yang harus terpenuhi. Melalui sayuran kita akan mendapatkan asupan nutrisi bagi tubuh, seperti vitamin dan serat. Kebutuhan terhadap sayuran ini tetap meningkat, terlebih di tengah pandemi covid-19 yang notabene mengharuskan masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

2. Urban Farming dapat Menjadi Aktivitas yang Bermanfaat

Kedua, urban farming dapat berpeluang menjadi aktivitas yang bermanfaat. Sebagaimana diketahui bahwa selama pandemi covid-19 ini masyarakat diharuskan tetap berada di rumah. Oleh karena itu, urban farming ini dapat menjadi salah satu aktivitas yang bermanfaat untuk dilakukan di rumah. Bahkan kita dapat mengajak turut serta anak-anak agar mereka dapat menyalurkan energi yang dimilikinya.

3. Melalui Urban Farming Kita dapat Menghemat Pengeluaran

Ketiga, melalui urban farming kita dapat menghemat pengeluaran selama pandemi covid-19. Pasalnya selama pandemi ini kondisi pendapatan cenderung tidak stabil, sementara kita tetap harus memenuhi kebutuhan hidup. Jika melakukan kegiatan urban farming, maka kita dapat memenuhi selah satu kebutuhan dari hal itu, sehingga pengeluaran pun akan dapat dihemat.

4. Menjadi Lapangan Pekerjaan Baru yang Menjanjikan

Keempat, urban farming juga memiliki peluang sebagai lapangan pekerjaan baru yang menjanjikan. Sebuah fakta unik mengungkapkan bahwa para pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) di beberapa negara cenderung beralih melakukan urban farming. Pekerjaan ini pun cukup menjanjikan lantaran harga komoditi sayuran yang cukup tinggi di tengah pandemi covid-19.

Melihat peluang di atas, maka sebenarnya urban farming merupakan suatu positif yang dapat coba dilakukan di rumah. Terlebih jika memiliki lahan yang memang selama ini tidak dimanfaatkan. Bagaimana sahabat tertarik untuk memulainya? Sahabat dapat mempersiapkan segala keperluannya dengan menyimak berbagai video tutorial yang tersedia di internet. Selamat mencoba.