Sebagaimana telah diketahui bahwa saat ini perkembangan teknologi begitu pesat dirasakan. Adanya perkembangan teknologi tersebut membuat beragam aktivitas dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah untuk memesan makanan. Jika sebelumnya orang-orang ingin mendapatkan makanan dengan datang langsung ke toko, maka saat ini cukup melakukannya lewat aplikasi food delivery. Lantas adakah keuntungan dan kerugian jika menggunakan aplikasi food delivery tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Untung dan Rugi Pakai Aplikasi Food Delivery (1)

 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Food Delivery

Sejatinya setiap aplikasi tentu akan memiliki keuntungan dan kerugian dari penggunaannya. Terkait dengan hal ini, aplikasi food delivery memiliki beberapa keuntungan. Berikut 3 keuntungan yang didapat jika menggunakan aplikasi ini.

1. Dapat Makanan Sesuai dengan Keinginan

Keuntungan pertama adalah pengguna dapat memperoleh makanan sesuai dengan keinginan. Biasanya setiap aplikasi food delivery akan menawarkan berbagai produk makanan dari setiap penjualannya. Tentunya hal ini akan mempermudah pengguna aplikasi untuk mendapatkan makanan yang sesuai dengan keinginannya.

2. Praktis dan Tidak Perlu Keluar Rumah

Keuntungan kedua jika menggunakan aplikasi food delivery adalah praktis dan tidak perlu keluar rumah. Maksudnya pengguna dapat memperoleh makanan hanya menjalankan aplikasi lewat smartphonenya dan tidak perlu pergi untuk mengunjungi tokonya. Pilih makanannya, pesan, dan menunggu makanan datang dengan duduk manis di rumah. Praktis bukan?

3. Harga Bersahabat

Selain dapat makanan yang sesuai dengan keinginan dan praktis, keuntungan lainnya dari penggunaan aplikasi ini adalah mendapatkan tawaran harga yang bersahabat. Walaupun ditawarkan melalui aplikasi, namun harga yang diberikan tetap tidak akan membebani penggunanya. Sehingga mereka dapat mengonsumsi makanan tanpa terbeban dengan harga.

Kerugian Menggunakan Aplikasi Food Delivery

Sebagaimana memiliki keuntungan, penggunaan aplikasi food delivery juga memiliki potensi kerugian. Apa saja kerugiannya? Berikut informasi selengkapnya.

1. Cita Rasa Belum Tentu Sesuai Selera

Kerugian pertama yang kemungkinan akan didapat adalah cita rasa belum tentu sesuai selera. Biasanya setiap penjual akan menampilkan gambar yang menarik tentang makanan yang dibuatnya. Namun cita rasa dari makanan tersebut belum tentu sesuai dengan selera pengguna aplikasi.

2. Memiliki Sifat Konsumtif

Potensi kerugian selanjutnya adalah memiliki sifat konsumtif. Maksudnya pengguna akan berpotensi untuk kecanduan menggunakan aplikasi food delivery tersebut. Alhasil mereka akan selalu menggunakannya untuk mendapatkan makanan yang diinginkan tanpa memikirkan kebutuhan lainnya yang lebih penting.

3. Skill Memasak Menjadi Berkurang

Ketiga, penggunaan aplikasi food delivery yang tidak terkontrol akan berdampak pada skill memasak. Sebagaimana telah dijelaskan di awal tadi bahwa hanya dengan menjalankan aplikasi ini, maka pengguna telah mendapatkan makanan yang diinginkan. Namun dibalik itu ada potensi untuk menurunnya skill memasak yang disebabkan ketergantungan pada aplikasi.

Demikianlah beberapa keuntungan dan kerugian dari penggunaan aplikasi food delivery. Tentunya sebagai pengguna aplikasi, Anda harus menyikapi dengan bijak aplikasi tersebut. Gunakan aplikasi sewajarnya dan sesuai dengan kebutuhan.