Untuk memulai bisnis server pulsa, kamu memang harus menyiapkan 1 unit computer lengkap yang harganya juga tak harus mahal. Kamu hanya cukup menyediakan computer yang mampu untuk mengoperasikan Windows XP saja. Lalu, siapkan juga koneksi internet bisa dari WiFi dan juga modem yang memiliki jaringan stabil karena akan menghubungkan computer dengan Yahoo Massanger. Siapkan juga 1 unit ponsel berikut dengan kabel datanya. Jika alat-alat tersebut sudah tersedia, kamu bisa mulai memasang software pulsa dalam komputer kamu tersebut. selain kebutuhan tersebut, sediakan juga UPS, karena alat ini akan diperlukan sebagai cadangan daya. Seperti yang diketahui, komputer harus selalu menyala, dan UPS ini bertindak sebagai penyokong daya ketika sewaktu-waktu listrik dirumah padam mendadak.

Khusus untuk modem, modem GSM lebih sering digunakan daripada ponsel biasa. Kalau kamu memiliki niat untuk menjadi pengusaha server pulsa, kamu harup mengerti beda modem GSM dengan ponsel biasa. Modem diketahui memiliki banyak kelebihan yang bisa membantu dan mensukseskan usaha server pulsa tersebut. adapun kelebihan modem GSM adalah sebagai berikut :

  • Mampu melakukan transaksi jauh lebih cepat ketimbang ponsel biasa
  • Bisa menangani transaksi dalam jumlah banyak dalam kurun waktu yang singkat
  • Modem lebih awet dan merawatnya tak sulit
  • Bisa menghandle volume transaksi yang besar

Sebenarnya, penjual server pulsa elektrik sudah banyak yang berbentuk perusahaan dan juga yang industry rumahan, alias skala kecil. Kalian bisa mendapatkan banyak sekali referensi penyedia jasa pembuatan server pulsa di internet dengan variasi harga yang sangat bersaing. Harga akan sangat kompetitif sebab saat ini sudah banyak pelaku penyedia jasa pembuatan server tersebut, dan mereka pastinya paham bagaimana cara membuat server pulsa dengan baik. Seperti yang diketahui, harga pembuatan server pulsa dikisaran 3 juta sampai 8 juta rupiah. Namun, saran kami jika kamu ingin tidak ribet pilihkan model paket agar semua peralatan dapat di sediakan oleh si penyedia jasa pembuat server tersebut. jadi kalian tinggal pakai dan action jualan deh. 

Kalau kamu handal dalam merakit computer, kalian bisa menekan biaya pengeluaran untuk pembuatan server pulsa tersebut. Akan tetapi, jangan sampai kalian membeli software bajakan ya, usahakan membeli software pulsa yang original agar proses bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar. Sebab, kalau memakai software KW atau bajakan akan beresiko sering eror sehingga menghambat transaksi kamu ke pelanggan. Selain tak memiliki resiko yang besar, software original juga memiliki nilai jual kembali yang cukup bagus. Jadi, kamu bisa jual kembali software kamu tersebut jika ingin software yang lebih baik lagi. Kalau menggunakan software bajakan, nilai jualnya pasti sangat buruk dan itu juga akan merugikan kamu di kemudian hari. Demikian artikel mengenai cara membuat server pulsa, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba.