Pembahasan mengenai uang darurat memang sedang booming. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran uang tersebut untuk membantu di saat kebutuhan mendesak, seperti saat pandemi virus corona ini.

Walaupun perannya cukup penting, namun tidak banyak pula masyarakat yang memahami cara menyimpan uang darurat ini. Apakah Anda juga termasuk salah satu di antaranya? Jika iya, luangkanlah waktu Anda untuk mempelajari tips menyimpan uang darurat berikut ini.

Trik Pintar Simpan Uang Darurat

Menyimpan Uang Darurat dengan 4 Tips Berikut Ini

Menyimpan uang untuk kebutuhan hari esok merupakan hal bijak yang harus dilakukan, termasuklah uang darurat ini. Idealnya penyimpanan uang darurat dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan rencana penggunaan anggaran yang telah disusun.

Tentunya setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam menyimpan uang darurat ini. Agar dapat lebih maksimal dalam menyimpan uang darurat, coba perhatikan tips-tips berikut.

1. Rencanakan dengan Matang Penggunaan Anggaran Belanja

Tips pertama yang dapat diperhatikan adalah rencanakanlah dengan matang penggunaan anggaran belanja. Pada dasarnya setiap pasti memiliki rancangan anggaran belanja pada periode tertentu.

Jika memang ingin mulai menyimpan uang darurat, maka sesuaikanlah kembali rencana penggunaan anggaran belanja tersebut. Pastikan Anda menyisihkannya untuk keperluan dana darurat.

2. Tabung Uang Darurat Secara Perlahan

Kedua, penyimpanan dana darurat sebaiknya dilakukan dengan cara menabung secara perlahan. Sebagaimana telah dijelaskan pada poin pertama tadi, bahwa uang darurat dapat disisihkan dari anggaran belanja. Tabunglah secara perlahan uang tersebut dan jangan coba-coba untuk menggunakannya di luar keperluan lain (tidak darurat).

3. Pisahkan Tempat Penyimpanannya dengan Uang Lain

Tips ke-3 yang juga akan membantu menyimpan uang darurat secara aman adalah memisahkan tempat penyimpanannya dengan uang lain. Ketika memang Anda telah memiliki rencana penggunaan uang darurat, maka pastikan tempat penyimpanannya tidak tercampur dengan uang belanja harian. Sebab jika tercampur, maka sudah dipastikan uang tersebut tidak akan terkumpul karena selalu terpakai untuk belanja harian.

4. Jangan Gunakan untuk Kebutuhan Lain

Keempat, pastikan bahwa Anda tidak menggunakan uang darurat untuk kebutuhan lain. Ketika melihat uang yang sudah terkumpul, maka tentu ada godaan untuk segera menggunakannya. Terkait dengan hal ini, Anda harus mampu mengontrol diri agar tidak menggunakan uang tersebut. Sebab jika sekali terpakai, maka kemungkinan besar akan terpakai kembali.

Penyimpanan uang darurat ini sebetulnya memerlukan komitmen yang tinggi agar fokus pada peruntukkan uang tersebut. Tentu akan lebih baik jika uang darurat direncanakan bersama pasangan Anda maupun keluarga Anda.

Simpanlah uang darurat tersebut di tempat yang aman dan pastikan tidak digunakan untuk keperluan lainnya. Ayo sama-sama kita menyiapkan uang darurat, sebagai bentuk antisipasi kebutuhan mendesak di masa mendatang. Semoga bermanfaat.