Aglonema merupakan tanaman yang sedang populer saat ini, bahkan tanaman ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Tanaman ini juga dikenal dengan julukan ‘Sri Rejeki’ atau lucky plant.

Aglonema memiliki daya tarik tersendiri sebab warna serta bentuk daunnya memiliki keunikan tersendiri. Kombinasi warna hijau, putih, merah muda, merah, hingga kuning memberikan kesan keindahan pada tanaman hias ini. Agar tanaman ini hidup dengan indah di halaman rumah Anda, maka ketahuilah langkah tepat dalam menanamnya.

Trend Tanaman Aglaonema, Begini Cara Menanamnya

5 Langkah Tepat Menanam Aglaonema Agar Subur dan Berdaun Indah

Tumbuhan Aglaonema sebenarnya syarat untuk tumbuhnya tidak sulit, tidak seperti tanaman hias yang lainnya. Namun, meskipun demikian tetaplah harus dengan penanganan yang tepat agar tanamannya dapat tumbuh dengan subur dan indah dipandang oleh mata. Oleh sebab itu, di bawah ini terdapat beberapa langkah tepat menanam tanaman Aglaonema.

1. Siapkan media tanam pot berukuran besar

Tanaman Aglaonema termasuk jenis tanaman yang dapat tumbuh besar dengan dahan yang banyak dan subur. Kemudian ukuran daun yang cukup lebar dan juga banyak sehingga membutuhkan media pot yang besar pula. Selain itu, pot yang besar akan mempermudah akar tanaman untuk tetap berkembang secara bebas.

2. Gunakan tanah yang berhumus

Langkah kedua berkaitan dengan media tanam dari Aglaonema tersebut. Sebaiknya gunakanlah media tanah yang berhumus agar tumbuhan yang ditanam dapat hidup dengan subur. Tanah yang berhumus tentunya kaya akan nutrisi sehingga tanaman akan hidup dengan subur serta tumbuh dan berkembang.

3. Pilih bibit yang siap tanam

Pada dasarnya pemilihan bibit menjadi salah satu kunci sukses dalam menanam, termasuk tanaman hias Aglaonema ini. Ketika akan menanam tanaman hias, maka pilihlah bibit yang benar-benar telah siap tanam.

Jangan memilih tanaman yang sudah besar atau yang masih sangat kecil. Sebab keduanya akan susah untuk beradaptasi di media yang baru, sehingga kemungkinan besar tanaman tersebut tidak akan tumbuh.

4. Siram dengan teratur

Lakukan penyiraman pada tumbuhan setiap pagi agar kebutuhan mineral tercukupi. Jangan menyiram tanaman di waktu panas sebab akan menyebabkan layunya tumbuhan tersebut. Kemudian juga tidak perlu menyiram dengan air yang banyak, namun secukupnya saja.

5. Berikan pupuk tambahan

Jika tanaman terlihat kurang subur, maka berikanlah pupuk tambahan seperti pupuk buatan yang non organik. Sehingga dengan begitu, nutrisi yang dibutuhkan tanaman akan terpenuhi dengan baik. Namun jika memang memiliki budget lebih, maka tiada salahnya pula jika menggunakan pupuk khusus untuk perawatan Aglaonema.

Apakah sahabat juga pecinta tanaman hias Aglaonema? Jika iya, maka ikutilah langkah-langkah di atas jika ingin menanam tumbuhan tersebut agar dapat menghasilkan tanaman hias yang indah dan subur.