Dengan semakin banyaknya pengguna aplikasi messenger seperti Whatsapp, tak heran bila akhirnya para pelaku bisnis dalam bidang penjualan pulsa pun tertarik untuk menggunakannya sebagai salah satu media untuk bertransaksi. Saat ini, sudah semakin banyak server pulsa yang menyediakan layanan transaksi Whatsapp bagi para agen ataupun penjual pulsa. Hal ini memang cukup masuk akal karena pengguna aplikasi pengiriman pesan yang satu ini juga sudah semakin banyak. Hampir semua pengguna ponsel pintar memiliki dan menggunakan aplikasi Whatsapp. Dengan menyediakan layanan transaksi pengisian pulsa ataupun transaksi lain yang berkaitan dengan penjualan pulsa melalui aplikasi messenger tersebut, diharapkan ini bisa semakin mengembangkan bisnis pulsa menjadi lebih besar. Selain itu, diharapkan hal ini juga bisa membuat pelayanan pengisian pulsa semakin baik dan cepat sehingga pelanggan akan lebih puas dan percaya dengan pelayanan yang diberikan.

Meski demikian, nyatanya ada beberapa kendala yang seringkali terjadi di tengah jalan. Aplikasi Whatsapp menggunakan alur data internet dalam penggunaannya sehingga ketika koneksi internet tidak lancar maka bisa saja hal ini menimbulkan kendala dalam bertransaksi pengisian pulsa ataupun transaksi lainnya. Selain kendala jaringan, ada kendala lain yang bisa menjadi salah satu masalah pada saat bertransaksi yaitu adanya kendala pada pengguna di server pulsanya sendiri. Ketika Whatsapp Center mengalami gangguan yang mana hal ini berkaitan dengan server pulsa maka selancar apapun koneksi internet yang Anda miliki, tentu akan tetap membuat transaksi terkendala.

Untuk mencari tahu apakah yang bermasalah pada akun Whatsapp Anda atau justru berasal dari server maka Anda bisa melihat apakah komunikasi yang Anda lakukan menggunakan aplikasi tersebut berjalan lancar selain untuk transaksi pulsa. Anda mungkin mendapati bahwa Anda tetap bisa chatting dengan teman menggunakan Whatsapp. Namun saat ingin mengecek saldo ataupun mengisi pulsa melalui Whatsapp ternyata selalu gagal. Bila hal ini terjadi maka aplikasi Whatsapp server pulsa yang mengalami masalah. Hal ini bisa juga terjadi ketika server pulsa melakukan maintenance. Hanya saja, saat melakukan maintenance, biasanya server akan memberikan pemberitahuan kepada seluruh agen ataupun penjual pulsa yang bekerja sama dengannya.

Dengan adanya kemungkinan terjadinya gangguan ataupun kendala dalam melakukan transaksi Whatsapp, sebaiknya Anda tak hanya menyediakan layanan transaksi satu jenis saja. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba menggunakan media lainnya untuk melakukan transaksi apakah dengan menggunakan fitur SMS, telegram, ataupun media lain yang memang disediakan oleh pihak server. Hal ini untuk menghindari kekecewaan dari pelanggan yang ingin mengisi pulsa. dengan memiliki beberapa pilihan layanan transaksi maka ketika Anda mendapati bahwa layanan transaksi Whatsapp mengalami gangguan, Anda bisa tetap melakukan bisnis penjualan pulsa dengan menggunakan pilihan media transaksi lainnya.