Kehamilan barangkali menjadi salah satu berita yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang baru saja naik pelaminan. Bahkan tidak jarang pula kehidupannya harus dilalui dalam sekian tahun hingga kehamilan itu didapat.

Perkara kehamilan memang tidak dapat diterka, sebab itu adalah bentuk kebijakan dari Yang Maha Esa. Lalu bagaimana jika ternyata istri Anda hamil di saat pandemi ini? Tenang tidak perlu gusar, mari simak beberapa tips berharga berikut ini.

Tips Menjaga Kehamilan Selama Pandemi

5 Tips Aman Menjaga Kehamilan di Tengah Pandemi Covid-19

Ketika mendapatkan kabar bahwa pasangan Anda hamil, tentu akan sangat menggembirakan bukan? Setelah itu kita pun pasti akan melakukan berbagai cara agar dapat menjaga kehamilannya. Terlebih di era pandemi seperti sekarang yang notabene ada potensi bahaya penularan virus covid-19. Bagi Anda yang memang sedang mendapatkan kabar bahagia itu di tengah pandemi ini, coba lakukan beberapa tips berikut.

1. Pastikan Nutrisi si Ibu Terpenuhi

Tips pertama yang harus diaplikasikan adalah Anda harus memastikan bahwa nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil terpenuhi. Jika nutrisi ibu terjaga dengan baik, maka cabang bayi pun akan merasakan dampak baiknya. Ada pun jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah Karbohidrat, Protein, Lemak, dan juga Vitamin.

2. Jaga Kebersihan Diri

Tips kedua adalah Anda pun harus turut serta menjaga kebersihan diri, baik diri sendiri maupun istri tercinta. Mengapa hal penting dilakukan? Sebab saat ini potensi penularan virus covid-19 cenderung lebih besar kepada mereka yang abai terhadap kebersihan, apalagi setelah selesai aktivitas di luar rumah. Oleh karenanya, jagalah kebersihan diri dengan mencuci tangan secara rutin dan juga tidak menyentuh mata maupun hidup ketika sedang berada di luar.

3. Menggunakan Masker Saat Bepergian

Sebagai langkah untuk mencegah penularan virus, maka juga penting bagi ibu hamil untuk menggunakan masker di saat bepergian. Pilihlah masker yang sekiranya aman dan juga nyaman untuk dikenakan. Di saat sedang mengenakan masker usahakan tidak menyentuh masker ketika tangan terasa kotor.

4. Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Tips keempat yang juga akan membantu menjaga kehamilan di saat pandemi ini adalah melakukan pemeriksaan secara rutin. Pemeriksaan ini penting untuk dilakukan agar dapat mengetahui perkembangan janin yang sedang dikandung. Selain itu, melalui pemeriksaan ini pula kita akan mengetahui langkah yang tepat untuk menjaga kehamilan tersebut.

5. Memastikan Ibu Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup pada dasarnya sangat kita butuhkan, terlebih bagi ibu hamil yang notabene biasanya akan mudah lelah. Agar kehamilan tetap aman dan terjaga maka pastikanlah agar si ibu mendapatkan istirahat yang cukup.

Nah itulah tadi beberapa tips yang dapat dicoba untuk menjaga kehamilan di masa pandemi covid-19. Semoga bagi Anda yang sedang mengandung saat ini dapat melahirkan dengan selamat dan memiliki buah hati yang sehat.