Apa itu influencer? Influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah pengikut atau followers banyak dan punya pengaruh kuat bagi followers mereka. Biasanya influencer ini adalah artis, selebgram, atau youtuber.

Tips Menjadi Influencer Yang Sukses!

Apa Saja Tipsnya Supaya Menjadi Influencer Yang Sukses

Berkembangnya penggunaan media sosial memunculkan orang-orang yang dianggap sebagai tokoh di media sosial. Karena jumlah pengikutnya banyak, setiap unggahan mereka di medsosnya, bisa mendapat ratusan, ribuan hingga jutaan like, komentar, atau viewers.

Melihat pengaruh mereka yang sangat tinggi terhadap pengikut maupun masyarakat, perusahaan menggunakan influencer (artis, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya) untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan.

Nah jika anda ingin menjadi influencer alangkah baiknya ikuti tips tips yang sudah kami rangkum sebagai berikut. Yuk simak penjelasanya.

1. Memilih media sosial yang ingin digunakan

Berbagai medsos yang ada bisa jadi lahan bisnis, baik itu Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, dan lainnya. Yang lagi populer sekarang ini sih Instagram karena paling sering digunakan masyarakat Indonesia.

Memasarkan produk lewat platform medsos ini lebih mudah karena dapat membuat katalog mini untuk memasarkan produknya. Promosi produk di Instagram sangat praktis, ringkas, cepat, dan langsung ke target sasaran.

2. Menentukan imej anda di media sosial

Anda perlu menentukan imej seperti apa yang akan Anda bangun di medsos. Hal ini penting yang akan menjadi konsep Anda dalam setiap unggahan Anda di medsos.

Kalau Anda masih baru sebagai influencer, sebaiknya tidak melenceng dari konsep tersebut ketika memposting konten-konten dalam medsos. Apabila sudah memiliki pengikut cukup banyak, barulah sesekali Anda bisa mengunggah sesuatu yang berada di luar konsep dasar Anda.

Imej yang sudah terbangun oleh Anda di medsos akan membantu para produsen atau pengiklan untuk memilih Anda. Mereka akan mencari orang-orang atau influencer yang memiliki imej yang cocok dengan produk mereka.

3. Unggah konten yang menarik

Pastikan postingan Anda di medsos itu dapat menarik perhatian. Beberapa unsur yang harus Anda perhatikan untuk Instagram, di antaranya resolusi foto atau video yang Anda unggah, cerminan imej Anda dalam unggahan tersebut, penggunaan hashtag (tanda #) yang tepat, hingga bagaimana Anda mempromosikan diri Anda.

Unggah konten yang sesuai dengan konsep Anda. Bila imej yang Anda bangun berhubungan dengan kuliner, Anda harus memasukan informasi-informasi mengenai kuliner menarik yang sudah Anda coba, opini mengenai makanan tersebut, lokasi, serta berbagai informasi lainnya. Jangan lupa ditunjang dengan foto atau video, biar lebih keren dan menarik.

4. Perbanyak interaksi dengan pengguna lain

Untuk meningkatkan jumlah pengikut dan audience yang akan menonton unggahan Anda, perlu dilakukan interaksi dengan pengguna lainnya agar mereka tertarik untuk melihat dan menjadi followers Anda.

5. Perluas jaringan anda

Secara berkala, biasanya komunitas medsos akan mengadakan berbagai acara. Datang deh ke acara-acara tersebut untuk bertemu dengan pengguna atau influencer lainnya. Selain tambah teman, juga memperluas koneksi Anda.

Bila Anda benar-benar ingin menjadi seorang influencer, jangan lupa untuk mengunggah konten-konten positif bagi masyarakat. Berikan suguhan yang membangun dan mengedukasi netizen atau masyarakat.