Pandemi corona memberikan dampak luar biasa pada kehidupan dunia. Salah satu yang cukup dirasakan adalah adanya pembatasan kegiatan di luar rumah termasuk bekerja ataupun aktivitas belajar yang dialihkan dari rumah.

Saat ini, sejumlah daerah mulai memasuki masa PSBB transisi untuk menuju ke era new normal. Berbagai fasilitas dan aktivitas pun mulai bisa dilakukan di luar rumah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Ini artinya kebijakan bekerja dari rumah atau work from home telah usai. Lantas bagaimana peran orang tua dalam mendidik anak ketika mereka harus kembali bekerja di luar rumah?

Tips Mendidik Anak Pasca WFH

Kiat Mendidik Anak saat Orang Tua Kembali Bekerja di Luar Rumah

Ketika kebijakan work from home berakhir maka ini artinya kebanyakan orang tua akan kembali bekerja di luar rumah. Di sisi lain, anak-anak masih tetap harus melakukan aktivitas belajarnya dari rumah.

Lantas bagaimana dan siapa yang akan mendampingi dan mendidik anak di rumah ketika orang tua harus kembali bekerja di luar rumah?

Dalam masa PSBB transisi untuk memasuki era new normal ini memang benar-benar menjadi masa peralihan dalam berbagai sektor. Bila sebelumnya ketika ada penerapan kebijakan di rumah saja baik untuk belajar, bekerja, hingga beribadah, tentu orang tua tak mengalami kesulitan untuk mendidik, mendampingi, serta mencukupi kebutuhan anak-anak di rumah.

Meski sebelum pandemi orang tua bekerja di luar rumah dan meninggalkan anak-anaknya, nyatanya masa PSBB transisi ini cukup memusingkan para orang tua saat harus kembali bekerja di luar rumah.

Meskipun sama-sama meninggalkan anak untuk bekerja, kondisi saat ini pastinya berbeda dengan masa sebelum adanya pandemi corona. Tentu strategi yang dibutuhkan dalam mendidik anak ketika orang tua bekerja di luar rumah pun akan sedikit berbeda.

dengan pandemi yang belum berakhir, pastinya orang tua merasa lebih tenang ketika anak-anak bisa tetap di rumah. Hanya saja, meninggalkan anak di rumah selama bekerja tentu tetap saja memberikan kekhawatiran tersendiri bagi orang tua sehingga tak jarang orang tua harus mengecek anak dengan menelepon ke rumah.

Inilah mengapa penting adanya kerja sama dengan pendamping anak selama orang tua bekerja di luar rumah sehingga semua pihak bisa merasa nyaman.

Selain itu, hal penting lain yang perlu diperhatikan dalam mendidik anak saat orang tua bekerja di luar rumah adalah kualitas komunikasi dan pertemuan dengan anak.

Ketika orang tua sudah kembali bekerja di luar rumah, penting untuk memiliki kesempatan membuat pertemuan keluarga setiap minggunya. Pertemuan keluarga ini bisa menjadi momen untuk berbagi perhatian, kasih sayang, bahkan juga informasi.

Pada momen ini orang tua juga bisa memberikan penjelasan tentang waktu bekerja dan kesibukannya. Momen ini bisa menjadi sesuatu yang lebih bersifat personal untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak.