Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Work From Home (WFH) memang efektif untuk mencegah semakin luasnya penyebaran virus corona. namun, cara ini ternyata tetap memberikan dampak pada kehidupan masyarakat terutama sektor ekonomi.

Banyak pekerja harian yang mengalami penurunan pendapatan. Bahkan para karyawan juga ada yang harus terkena PHK sebab perusahaan harus memangkas pengeluaran. Lalu, bagaimana caranya agar mereka yang terkena dampak covid-19 secara ekonomi mampu bertahan?

Tips Mendapatkan Uang di Rumah

Cara dapat uang dari rumah

Di masa pandemi saat ini, hampir semua orang dituntut untuk menjadi kreatif, terutama dalam upaya mengamankan keuangan mereka. Kalau pendapatan utama ternyata terkena dampak secara ekonomi, maka perlu sumber penghasilan lain yang memungkinkan untuk dilakukan.

Menghasilkan uang meski dari rumah, mengapa tidak? Berikut beberapa jenis pekerjaan yang bisa Anda pilih:

1. Jadi content creator untuk Youtube

Sudah banyak bukti orang sukses dengan menjadi seorang Youtuber. Misalnya Atta Halilintar, Baim Wong, Raffi Ahmad dan masih banyak lagi. Penghasilan yang diperoleh berasal dari iklan lewat Google Adsense, konten yang bersponsor, bergabung affiliate marketing atau menawarkan produk Anda lewat Youtube channel sendiri.

Isi konten tinggal menyesuaikan minat. Yang penting selalu konsisten untuk mengunggah video kreatif agar jumlah subscribers, like dan penontonnya terus meningkat.

2. Pedagang online

Berjualan online merupakan pilihan pekerjaan yang paling diminati oleh banyak orang, apalagi modalnya cuma smartphone dan koneksi internet. Anda tidak harus punya toko. Manfaatkan saja sosial media dan marketplace untuk menjajakan produk yang dimiliki, baik milik sendiri maupun orang lain.

3. Jadi tutor online

Punya keahlian di bidang atau mata pelajaran tertentu? Saat ini sekolah juga masih diliburkan. Para siswa diminta belajar dari rumah. terkadang mereka dihadapkan pada materi atau soal yang sulit dipecahkan.

Rasa canggung untuk bertanya pada guru secara langsung akhirnya membuat mereka harus mencari alternatif lain, seperti bergabung pada kelas belajar online. Mengapa Anda tidak jadi salah satu tutor yang mengajari mereka?

4. Jadi freelancer online

Ada banyak website yang menjadi tempat kumpul para pekerja dan pemberi kerja online. Misalnya Freelancer.com, Sribulancer.com dan Projects.co.id. Di sana Anda akan menemukan pekerjaan-pekerjaan yang dibuka oleh pemberi kerja.

Contohnya desain, nerjemah, data entry dan lain-lain. Lengkapi portofolio dan lakukan penawaran agar Anda terpilih menjadi orang yang akan mendapatkan kesempatan bekerja dengan mereka.

5. Jadi blogger

Punya keahlian atau minat dalam bidang tulis menulis? Buat saja sebuah blog/website monetisasi lewat google adsense. Pastikan untuk selalu mengupdate isinya dengan konten yang fresh dan menarik.

Mendaftarkan website ke google adsense akan membuka peluang penawaran perusahaan untuk menempatkan iklan mereka di halaman tersebut. Anda akan memperoleh pendapatan dari setiap klik yang dilakukan oleh para pengunjung.

Tidak semua cara menghasilkan uang dari rumah membutuhkan modal yang besar. dengan smartphone dan atau laptop serta koneksi internet mencukupi, Anda sudah bisa mencari peluang menciptakan sumber pendapatan baru selama masa pandemi.