Masker memang menjadi salah satu barang wajib dikenakan di saat sekarang. Tujuannya sudah pasti untuk mencegah terjadinya penularan dan penyebaran virus covid-19. Namun kadang kala ketika menggunakan masker (bagi orang berkacamata), membuat kacamata berembun. Tentunya hal ini juga akan mempengaruhi pandangan. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Tenang, simak beberapa tips yang akan dijelaskan berikut ini.

Tips Mencegah Kacamata Berembun Ketika Mengenakan Masker

Atasi Kacamata Berembun Saat Mengenakan Masker

Kata mata berembun saat mengenakan masker memang cukup sering terjadi. Hal ini biasanya disebabkan aliran udara yang terperangkap di area kacamata. Jika tidak diatasi, maka sudah pasti hal itu akan sangat mengganggu pandangan. Nah, kali ini akan dibagikan beberapa tips yang dapat menjadi solusi kacamata berembun saat mengenak masker.

1. Melipat Masker

Tips pertama yang dapat membantu mengatasi kacamata berembun saat mengenakan masker adalah melipat masker. Tenang bukan seluruh bagian masker yang dilipat, namun cukup bagian atasnya saja. Jadi agar tidak menimbulkan embun pada kacamata, lipat terlebih dahulu bagian atas masker ke arah dalam. Tidak perlu terlalu dalam, cukup lebih kurang 1 cm saja. Ketika telah terlipat, barulah masker dikenakan.

2. Mencuci Kacamata Sebelum Dikenakan

Tips kedua yang juga dapat dicoba adalah mencuci kacamata sebelum dikenakan. Ketika sebelum mengenakan kacamata, cuci terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Cara ini terbukti efektif untuk mencegah terjadinya embun pada kacamata saat mengenakan masker. Bahkan salah satu jurnal kesehatan menjelaskan bahwa para dokter bedah mencuci kacamata mereka terlebih dahulu agar tidak menimbulkan embun saat digunakan bersama masker.

3. Menggunakan Lapisan Tisu

Tips ketiga yang juga dapat dicoba adalah menggunakan lapisan tisu pada bagian dalam masker. Ketika mengenakan masker maka tambahkan tisu pada area hidung. Tisu akan berguna untuk menyerap udara saat bernapas, sehingga tidak menimbulkan embun di area kacamata.

4. Menggunakan Cairan Anti Debu

Tips terakhir yang juga ampuh untuk mengatasi embun pada kacamata di saat mengenakan masker adalah menggunakan cairan anti debu. Fungsi dari cairan ini sendiri adalah untuk menghambat terjadinya kondensasi (pengembunan) pada kacamata saat menggunakannya bersama masker. Anda dapat menyemprotkan cairan tersebut ke kacamata sebelum digunakan. Perhatikan keamanan ketika menyemprotkan cairan anti debu tersebut dan jangan sampai mengenai mata sebab dapat menimbulkan iritasi.

Cukup mudahkah bukan tips-tips tadi? Dengan mempraktikkan tips tadi, maka kita tetap dapat melihat dengan nyaman walaupun sedang mengenakan masker. Jangan lupa pula, ketika sebelum dan sesudah menyentuh masker sebaiknya cuci tangan menggunakan air + sabun. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk menjaga kesehatan diri, mengingat proses penangan kasus covid-19 yang masih berlangsung. Semoga bermanfaat.