Perlu diakui bahwa momen Idul Fitri memang diwarnai dengan kegiatan mudik, dan seolah sudah menjadi tradisi turun-temurun. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 tahun ini maka tradisi mudik tersebut sepertinya akan tersendat. Sebab pemerintah pusat sudah melarang mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19, lantas bagaimana merayakan lebaran tanpa mudik?

Tips Mempersiapkan Lebaran Istimewa Walau Tidak Mudik

Tips Persiapan Lebaran Meskipun Tidak Mudik

Supaya perayaan Idul Fitri tahun ini tetap semarak meskipun tidak mudik ke kampung halaman. Ada baiknya menyimak beberapa tips persiapan menyambutnya di bawah ini:

1. Tetap Menjalin Silaturahmi

Meskipun lebaran tahun ini Anda dan keluarga tidak bisa mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar. Namun bukan berarti jalinan silaturahmi harus terputus karena kendala kebijakan pemerintah selama pandemi. Ada baiknya tetap menjalin silaturahmi dengan memanfaatkan teknologi terkini.

Saat lebaran tiba silahkan melakukan video call atau mungkin menelpon keluarga di kampung halaman. Saling bersilaturahmi dan saling mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri dan bermaaf-maafan. Tentunya tidak hanya bisa dilakukan secara langsung namun bisa secara online, sehingga esensi lebaran tetap eksis sekalipun tidak mudik.

Jadi, beberapa hari sebelum lebaran siapkan media untuk menjalin silaturahmi tersebut. Tidak ketinggalan pula untuk menyiapkan kuota internet, supaya bisa bercengkrama dengan keluarga besar secara online untuk waktu yang lama.

2. Menciptakan Suasana Lebaran Seperti di Kampung Halaman

Sekalipun tidak bisa mudik, sebaiknya tidak sedih terlalu lama. Anda masih bisa merayakan lebaran tanpa mudik dengan keluarga inti. Sedangkan untuk yang tinggal di kostan bisa berlebaran bersama dengan teman kost lainnya. Supaya suasana lebaran di kampung bisa terasa, silahkan mendekorasi rumah atu kamar kost seperti di rumah saat momen lebaran tiba.

Siapkan berbagai perlengkapan untuk mendekorasi ruangan tersebut sebelum lebaran tiba. Sehingga di hari H, suasana di dalam rumah atau kamar kost sama persis dengan suasana ketika berlebaran dengan keluarga besar di kampung halaman. Akan terasa lebih syahdu, jika saling bersilaturahmi secara online di hari tersebut.

3. Merencanakan Kegiatan Bersama Keluarga

Persiapan berikutnya agar bisa tetap menikmati lebaran dengan maksimal meskipun tidak mudik, adalah merencanakan kegiatan. Susun rencana kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama lebaran dengan keluarga inti. Misalnya sholat ied di rumah, disusul acara sungkeman, dan makan-makan atau yang lainnya.

4. Staycation di Hari Raya

Opsional lain agar tidak sedih dan bosan di rumah saja selama lebaran, ada baiknya mempersiapkan agenda staycation. Yakni memilih menikmati lebaran di salah satu hotel di dalam kota selama sehari semalam. Dijamin suka cita lebaran tetap akan terasa dengan rencana ini.

Mudik memang menjadi momen dinantikan bagi para perantau untuk bisa berkumpul di kampung halaman selama lebaran. Meskipun tahun ini tidak bisa mudik, silahkan menikmati lebaran secara optimal dengan persiapan di atas.