Bila Anda ingin membuka bisnis server pulsa, Anda harus tahu ilmu-ilmunya agar dapat menjalankan bisnis dengan lancar. Karen bila dikerjakan asala-asalan, Anda akan rugi dan cepat bangkrut.

Berikut ini tips-tips membuka bisnis server pulsa untuk pemula, di antaranya:

  • Wawasan yang Memadai

Bagi Anda seorang pemodal, pengelola, ataupun pekerja, harus memerlukan wawasan yang memadai agar server pulsa Anda dapat berlangsung dengan baik. Anda harus mengetahui seluk beluk produk seluler yang ada. Pelajari sistem transaksi dari masing-masing operator supaya Anda tahu apa yang Anda jual. Cari informasi dari dealer di daerah Anda dari teman-teman sesama pengusaha pulsa yang lain.

  • Permodalan yang Memadai

Usaha server pulsa tidak sama dengan agen. Agen tidak perlu modal besar, tidak perlu investasi yang besar, namun sebaliknya server pulsa perlu modal besar atau memadai. Tidak Sedikit yang salah kaprah berkaitan aspek ini lantaran keliru, mempunyai anggapan server pulsa tidak perlu modal besar. Mungkin banyak ditemukan server pulsa yang dijalankan dengan modal kurang memadai, namun dengan modal yang kecil mereka sulit bisa berkembang dan bertahan lama.

  • Gunakan Stok Sendiri

Memanfaatkan stok sendiri harus punya bekal yang pas, namun itu lebih baik daripada dilempar ke server lain. Elemen ini berpengaruh ke mutu transaksi. Sebaiknya Anda memanfaatkan stok sendiri untuk 3 operator besar di antaranya Telkomsel, Indosat dan XL. Alokasikan aset Anda supaya stoknya lumayan untuk ke-3 operator tersebut.

  • Full time dan Konsentrasi

Usaha server pulsa tidak sama dengan menjadi agen. Agen bisa menjalankannya dengan sambilan atau part time. Namun,menjalankan usaha server pulsa murah harus full time. Prinsipnya, hasil kerja full time akan lebih baik hasilnya daripada hasil kerja part time. Hal itu dikarenakan mengelola operasional server pulsa perlu konsentrasi dan ketekunan.

Mungkin banyak yang menjalankan server pulsa sebagai sambilan atau part-time. Namun, kebanyakan server pulsa yang dijalankan dengan cara part-time banyak yang kalah menghadapi persaingan. Kebanyakan server pulsa yang tumbuh besar, dijalankan dengan cara full-time oleh pemiliknya.

  • Perhatikan Prestasi dan Reputasi

Bila anda menggunakan server pulsa, Anda harus memperhatikan prestasi dan reputasi Anda di mata konsumen. Bila suplier h2h itu sistemnya bagus, maka reputasi Anda di mata pengguna baik dan prestasi dilihat baik juga dari volume transaksi. Jika suplier h2h itu sistemnya buruk, reputasi Anda pun turun Anda juga menurun diliihat dari volume transaksi.

Hindari suplier h2h yang bisnisnya tidak sehat, yakni yang menjual dengan harga yang tidak wajar atau bahkan sangat murah. Hindari juga jaringan h2h berantai, semakin tidak sedikit rantainya, semakin besar risikonya.