Sebagaimana kita ketahui bahwa saat masker merupakan salah satu barang yang umum digunakan. Bahkan bisa dikatakan telah menjadi bagian dari fashion untuk di era new normal ini. Akan tetapi di bali itu semua ada bahaya yang mengintai terhadap limbah masker.

Masker yang telah usai digunakan dapat menjadi bahan pencemar lingkungan. Tentunya hal ini harus mendapatkan perhatian semua pihak, sebab jika tidak maka lingkungan akan rusak. Lalu bagaimana solusinya? Mari simak informasi tentang cara membuang masker yang benar berikut ini.

Tips Membuang Sampah Masker yang Aman

5 Langkah Membuang Masker Agar Aman Bagi Lingkungan

Sejatinya ketika membuang sampah, maka memang harus dipilah-pilah terlebih dahulu. Apalagi jika ingin membuang masker yang telah digunakan. Sebab jika dibuang secara sembarangan, maka masker dapat menjadi bahan pencemar lingkungan dan juga dapat menyebarkan penyakit. Terkait dengan hal ini, maka coba perhatikan beberapa langkah untuk membuang masker agar aman bagi lingkungan berikut ini.

1. Lepas Masker dengan Benar

Langkah pertama adalah lepas masker dengan benar. Ketika ingin melepas masker, maka pastikan terlebih dahulu bahwa tangan Anda benar-benar bersih. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk mencuci tangan sebelum melepas masker. Selanjutnya lepas masker dari bagian tali atau pengaitnya.

2. Semprotkan Disinfektan, Lipat dan Gunting Masker

Langkah kedua adalah semprotkan disinfektan, lipat dan gunting masker. Cairan disinfektan digunakan untuk membasmi kuman yang menempel di masker. Setelah disemprotkan disinfektan, maka lipat masker untuk mencegah penyebaran kuman. Selanjutnya, agar masker tidak digunakan kembali oleh oknum, maka gunting masker tersebut.

3. Masukan ke Dalam Botol

Langkah ketiga adalah masukan ke dalam botol. Setelah melakukan dua langkah tadi, maka masker yang telah digunting dimasukan ke dalam botol. Apakah harus botol? Tentu saja tidak. Anda dapat menggunakan wadah lain yang mudah ditemukan. Hal ini dilakukan agar mempermudah pengelolaan sampahnya agar tidak tercampur dengan jenis sampah lainnya.

4. Beri Label “Sampah Masker”

Langkah keempat adalah beri label sampah masker pada botol tadi. Mengapa harus diberi label? Alasannya sama seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, yaitu mempermudah proses pengelolaan sampahnya.

5. Buang ke Tempat Sampah yang Telah Disediakan

Jika telah melakukan empat langkah tadi, maka barulah Anda dapat membuangnya ke tempat sampah. Pastikan dibuang ke tempat sampah, bukan “di sekitar tempat sampah”. Sebab jika demikian, maka empat langkah tadi adalah hal yang sia-sia Anda lakukan.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk membuang sampah masker dengan benar? Dengan menerapkan 5 langkah sederhana tadi, maka Anda telah berkonstribusi dalam menyelamat lingkungan dari potensi pencemaran. Jangan lupa untuk mengajak orang lain untuk melakukannya, agar semakin banyak yang peduli untuk menjaga lingkungan kita.