Di era digital yang terus berkembang seperti sekarang ini, data menjadi suatu hal yang sangat penting untuk menentukan langkah apa yang akan diambil demi kemajuan sebuah bisnis. Jika Anda ingin bekerja di bidang pengolahan data, maka profesi yang bisa Anda cari adalah data scientist.

Jika saat ini Anda tertarik menggeluti profesi data scientist, sebaiknya persiapkan diri dengan meningkatkan skill yang akan diperlukan saat menjadi seorang data scientist. Skill yang diperlukan jadi data scientist yang handal tidak hanya hard skill saja tetapi soft skill juga.

Tips Jadi Seorang Data Scientist yang Handal

Hard Skills yang Akan Dibutuhkan Untuk Jadi Data Scientist

Menjadi ahli dalam profesi di bidang data scientist tentu merupakan hal yang mengagumkan. Apalagi jika beberapa hard skills berikut ini sudah Anda miliki seperti:

1. Paham cara menganalisis statistik

Untuk menjadi seorang data scientist yang handal, Anda harus bisa memahami cara melakukan analisis statistik karena hal ini akan diperlukan untuk memperbaiki atau melakukan pengawasan terhadap rencana yang dibuat, melakukan identifikasi masalah dan sebagainya.

Dengan memahami hal ini juga, Anda yang bekerja di bidang ini akan terbantu sekali. Jadi jika ingin handal di bidang ini, jangan lupa pelajari bagaimana cara melakukan analisis statistik.

2. Paham tools analisis

Selain itu, Anda juga harus tahu jika ada beberapa tools yang akan digunakan untuk memudahkan proses pengerjaan data. Tools analisis yang harus Anda pahami adalah seperti SAS, Hadoop, Pig dan Spark.

3. Melakukan data mining

Anda juga harus bisa melakukan data mining dimana data mining sendiri merupakan proses menemukan suatu pengetahuan yang tersembunyi dan berharga dengan melakukan analisis sejumlah data yang disimpan di gudang data.

Ada beberapa teknik data mining yang akan dibutuhkan nanti seperti AL atau Artificial Intelligence dan statistik. Supaya Anda lebih dimudahkan dalam menjalankan profesi ini, maka data mining ini harus benar-benar dipahami dengan baik.

4. Kemampuan memahami bahasa pemrograman

Anda juga harus bisa memahami bahasa pemrograman karena ini akan sangat membantu Anda dalam mengatur serta membersihkan data-data yang tidak teratur.

Soft Skills yang Dibutuhkan Seorang Data Scientist

Selain memiliki hard skills yang mumpuni, Anda juga harus memiliki soft skills. Adapun beberapa soft skills yang akan dibutuhkan oleh seorang data scientist adalah sebagai berikut:

1. Harus detail

Bekerja di bidang data tentu dapat Anda lakukan dengan baik jika Anda seorang yang detail. Hal ini karena saat mengelola data, Anda perlu memiliki ketelitian yang tinggi terdapat detail-detail yang ada pada data tersebut.

2. Ketajaman bisnis

Selain itu, Anda juga harus memiliki ketajaman bisnis yang baik. Dengan hal ini, Anda akan dapat membedakan masalah mana yang harus diselesaikan supaya bisnis bisa berkembang dan bertahan.

3. Komunikasi

Anda juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik supaya dapat menyampaikan hasil penemuan dengan jelas ke orang-orang yang membutuhkannya.

Jadi jika ingin menjadi data scientist yang maju dan handal, Anda tidak hanya memerlukan hard skills yang baik saja, tapi beberapa soft skills di atas juga harus Anda miliki supaya data yang didapatkan bisa diolah dengan baik.