Branding Produk? Barangkali istilah ini tidak banyak diketahui. Branding Produk pada dasarnya merupakan upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Usaha tersebut dilakukan untuk memberikan citra yang baik terhadap produk, sehingga menimbulkan ketertarikan dan kepercayaan konsumen kepada produk tersebut. Lalu bagaimana cara melakukannya? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Tips Dalam Melakukan Branding Produk

5 Langkah Melakukan Branding Produk

Dewasa ini branding produk dianggap memiliki fungsi yang cukup vital di tengah persaingan pasar yang semakin sengit. Semakin baik branding produk yang dilakukan tentu akan memberikan peluang yang lebih baik pula untuk memenangi persaingan pasar tersebut. Bagaimana cara melakukan branding produk? Berikut ini beberapa langkahnya yang dapat dipelajari.

1. Analisis Sasaran Pasar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menganalisis sasaran pasar. Setiap produk tentu memiliki pasar yang ingin dituju, bisa berupa masyarakat umum, hanya kalangan tertentu, fokus pada anak-anak atau justru orang dengan rentang usia remaja hingga dewasa. Lakukanlah analisis ke mana produk akan dipasarkan, sehingga akan mendapatkan gambaran tentang strategi bagi produk tersebut.

2. Tentukan Nama Produk

Berikutnya, branding produk juga memerlukan pemberian nama pada produk itu sendiri. Pemberian nama ini juga dapat didasarkan pada analisis sasaran pasar yang telah dilakukan sebelumnya. Nama produk hendaknya terdengar unik, mencirikan produk itu sendiri, dan tentunya tidak melakukan plagiat.

3. Desain Logo dari Produk

Hal ketiga yang juga perlu dilakukan adalah mendesain logo dari produk tersebut. Logo yang dibuat juga harus mencirikan produk tersebut. Biasanya logo dapat diambil dari bahan utama pembuatan produk atau juga dapat peruntukan dari produk tersebut. Bila bingung untuk mendapatkan desain logo yang sesuai, maka cobalah untuk memanfaatkan jasa desain logo yang kini cukup banyak beredar.

4. Pasang Iklan Produk

Langkah keempat dalam branding produk adalah memasang iklan produk. Bila melihat keadaan sekarang, maka cukup banyak media yang dapat digunakan untuk melakukan pemasangan iklan, mulai dari media gratis hingga media berbayar. Pemasangan iklan ini dilakukan untuk memperkenalkan produk, membangun citra baik pada produk, hingga memberikan daya tarik produk kepada konsumen.

5. Jaga Kualitas Produk

Terakhir yang perlu dilakukan adalah menjaga kualitas produk. Mustahil rasanya upaya branding yang dilakukan tanpa memperhatikan kualitas dari produk tersebut. Jaga dan kontrol kualitas produk agar tetap stabil, sehingga mampu memberikan rasa kepuasan dan kepercayaan konsumen pada produk itu sendiri.

Demikianlah beberapa langkah dalam melakukan branding produk yang dapat diketahui. Branding produk kini memang menjadi isu yang cukup banyak dibicarakan. Pasalnya upaya branding itu dapat memberikan keuntungan dari sisi daya tarik hingga mengupgrade nilai jual dari produk tersebut. Lakukanlah branding produk dengan baik, sehingga akan benar-benar memberikan manfaat pada produk itu sendiri.