Meski pemerintah kini menetapkan era new normal dimana seluruh aktivitas bisa dilakukan seperti semula, bukan berarti kita berhenti memiliki sikap waspada. Bahaya virus covid-19 bisa mengancam kapan saja dan dimana saja karena virus ini masih ada hingga saat ini.

Jadi jika tidak ada hal penting yang mengharuskan untuk pergi ke luar rumah, jangan pergi ke luar. Karena virus covid-19 bukanlah virus yang mudah datang dan pergi.

Virus ini sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Tapi buat Anda yang tengah sakit dan mengharuskan untuk pergi ke rumah sakit, tentunya Anda harus menggunakan tips-tips aman berobat ke rumah sakit.

Tips Berobat ke Rumah Sakit yang Aman di Era New Normal

Beberapa Tips Berobat ke Rumah Sakit Agar Selalu Aman

Agar aman ketika berobat ke rumah sakit di era new normal seperti saat ini, Anda bisa menjalankan beberapa tips di bawah ini:

1. Buat janji dengan dokter terlebih dahulu

Ada baiknya sebelum datang dan berobat ke rumah sakit, Anda sudah buat janji dengan dokter yang akan menangani Anda. Pastikan juga jika jadwal praktek dari dokter yang Anda tuju sudah Anda ketahui.

Dengan begitu, tidak perlu menunggu waktu yang lama di rumah sakit untuk berobat sehingga Anda juga terhindar dari risiko terpapar virus covid-19.

2. Daftar lewat online

Di zaman yang sudah semakin canggih seperti sekarang ini, berbagai kegiatan sudah bisa dilakukan dengan mudah termasuk melakukan pendaftaran di rumah sakit lewat online. Biasanya rumah sakit sudah memiliki aplikasi dimana Anda bisa melakukan pendaftaran lewat aplikasi tersebut.

Dengan daftar lewat online, Anda akan mendapatkan nomor urut dan waktu perkiraan untuk Anda bisa datang ke rumah sakit tersebut. lalu ketika tiba di rumah sakit, Anda bisa tunjukkan saja nomor atau barcode pendaftaran yang telah dilakukan tanpa harus mengisi form pendaftaran lagi.

3. Menggunakan kendaraan pribadi

Jika Anda ingin berobat ke rumah sakit, lebih baik gunakan kendaraan pribadi saja yang lebih bisa dijamin kebersihannya. Menggunakan kendaraan pribadi juga dinilai lebih aman dibandingkan dengan naik transportasi umum.

Tapi jika Anda terpaksa harus memakai transportasi umum, ada baiknya hindari jam-jam sibuk misalnya jam berangkat kerja ataupun pulang kerja. Jadi Anda bisa terhindar dari padatnya penumpang yang ada di dalam transportasi tersebut.

4. Selalu pakai masker dan bawa hand sanitizer

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, usahakan untuk selalu pakai masker dan bawalah hand sanitizer kemanapun Anda pergi.

Penggunaan masker dapat berfungsi untuk mencegah virus atau kuman masuk ke dalam saluran pernapasan. Begitu juga dengan hand sanitizer untuk membunuh kuman yang mungkin saja menempel di tangan kita.

Berobat ke rumah sakit di tengah pandemi seperti sekarang ini perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Usahakan juga ketika sudah berada di rumah sakit, jawablah pertanyaan dokter dengan jujur supaya penyebaran virus covid-19 ini bisa kita atasi.