Kita semua tau jika terjadi peningkatan jumlah pasien yang positif terjangkit virus covid-19. Tentu hal ini harus disikapi dengan bijak dengan mengurangi kegiatan di luar rumah jika tidak terlalu penting.Tidak ada salahnya juga untuk menerapkan physical distancing agar memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Tapi sayangnya, karena virus ini tidak segera berakhir, pemerintah membuat keputusan untuk menjadikan era sekarang ini sebagai era new-normal dimana kita harus hidup berdampingan dengan bahayanya virus corona.

Anda yang ingin bepergian di tengah pandemi ini sudah diperbolehkan asalkan selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu, Anda juga perlu waspada agar perjalanan yang dilakukan tetap dalam kondisi yang aman.

Tips Bepergian Aman di Tengah Pandemi Wabah Corona

Tips Aman Bepergian di Tengah Pandemi

Ada beberapa tips aman yang dapat Anda coba terapkan ketika akan bepergian di tengah pandemi virus corona sehingga bepergian kemanapun tetap aman dan terhindar dari yang namanya virus berbahaya satu ini.

  • Jika tidak terlalu penting sebaiknya jangan bepergian dulu apalagi jika saat ini Anda tengah mengalami batuk-batuk hingga demam.
  • Jika Anda mulai merasakan batuk, demam bahkan kesulitan bernafas, sebaiknya mintalah pertolongan dari tim medis dan informasikan kepada mereka jika Anda memiliki riwayat perjalanan kepada petugas. Sebaiknya jujur saja dalam memberikan informasi karena itu tidak hanya untuk kebaikan Anda sendiri tapi juga semua orang yang ada di sekitar Anda.
  • Sebisa mungkin untuk hindari jika ada orang di dekat Anda tengah mengalami demam dan batuk. Jangan melakukan kontak dengan jarak dekat karena takut virus tersebut menular nanti.
  • Anda juga harus rajin-rajin dalam mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir. Cucilah dengan sabun atau bisa juga dengan cairan antiseptic yang bahan dasarnya menggunakan alkohol.
  • Jangan sering-sering menyentuh hidung, mata atau bahkan mulut. Apalagi jika Anda tengah berada di keramaian. Karena virus covid bisa saja menempel pada organ tubuh Anda.
  • Ketika batuk ataupun bersin, selalu tutup mulut dan hidung Anda dengan menggunakan lengan yang beralaskan tisu. Kemudian tisu tersebut dibuang dan cuci tangan Anda kembali.
  • Jika Anda menggunakan masker, usahakan masker tersebut dapat menutupi mulut dan hidung Anda. Ketika masker telah dikenakan, jangan pernah sentuh masker tersebut. Buanglah dan gunakan masker baru yang lain.
  • Jika Anda tengah sakit ketika bepergian, informasikan terkait kondisi Anda ke kru perjalanan dan mintalah pertolongan medis yang ada di sekitar Anda.
  • Ketika meminta pertolongan tim medis, jangan lupa informasikan riwayat perjalanan yang telah Anda lakukan.
  • Konsumsi makanan yang matang saja.

Virus covid-19 sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Karena itu, selalu jaga kebersihan dan kesehatan tubuh sehingga bahayanya virus ini tidak menyerang Anda nanti.