Di tengah wabah pandemi virus corona, tren berbelanja via online semakin meningkat. Perubahan perilaku ini terjadi lantaran kebijakan Pemerintah yang melakukan pembatasan terhadap pergerakan masyarakat dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pembatasan pergerakan inilah yang membuat banyak masyarakat tidak bisa keluar secara bebas bahkan untuk membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga.

Dan untuk mengatasi kesulitan tersebut, mereka kemudian beralih berbelanja via online yang tentunya bisa dilakukan dengan duduk santai di rumah saja.

Namun, di tengah pandemi seperti saat ini, membeli barang melalui toko online bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Banyak konsumen yang merasa kecewa karena barang yang dibeli ternyata tidak sesuai yang diinginkan.

Tips Belanja Online Agar Tetap Aman Selama Pandemi

Tips Belanja Online Agar Tetap Aman

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika hendak berbelanja secara online. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, penyebaran virus bisa terjadi dimana saja dan bahkan kapan saja. Berikut ini tips belanja online dengan aman.

1. Membeli sesuai kebutuhan

Sebelum melakukan pembelian secara online, ada baiknya ketahui dulu apa yang menjadi kebutuhan. Belilah sesuai kebutuhan bukan keinginan. Anda perlu putuskan apakah barang yang dibeli memang benar-benar dibutuhkan atau tidak.

jika hanya mengikuti keinginan, tentu akan ada banyak barang yang ingin dibeli padahal kenyataannya, anggaran yang dimiliki belum tentu cukup untuk membeli barang-barang tersebut. Jangan membuka situs perbelanjaan online terlalu sering supaya Anda tidak tergoda untuk membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan.

2. Lakukan perbandingan antar seller

Jika Anda ingin mendapatkan harga terbaik,Anda perlu lakukan survei dan bandingkan harga dari seller yang satu dan seller yang lainnya. Untuk harga ini Anda harus totalkan keseluruhannya mulai dari harga barangnya hingga ongkos kirim.

Karena harga barang yang murah belum tentu ongkos kirimnya juga murah apalagi jika barang dikirim dari tempat yang jaraknya cukup jauh dari tempat Anda.

3. Paham dengan hak dan kewajiban sebagai konsumen

Anda adalah seorang konsumen yang punya hak dan kewajiban. Banyak orang tidak paham akan hal ini sehingga ketika terjadi kesalahan atau penipuan, mereka tidak berani melapor. Jadi sebaiknya sebelum melakukan pembelian, Anda perlu pahami apa yang menjadi hak dan kewajiban Anda.

4. Pastikan gadget Anda aman

Ada banyak kejahatan yang menyerang dunia maya terutama di tempat-tempat transaksi online. karena itu, pastikan gadget Anda selalu aman dengan memasang antivirus.

5. Pilih situs belanja yang terpercaya

Dan terakhir, pastikan jika situs berbelanja online yang dipilih aman dan terpercaya. Anda bisa mengecek keamanan situs belanja dengan mencari informasi nya terlebih dahulu. Jangan tergir dengan harga murah jika ternyata situs tersebut hanya ingin menipu konsumennya.

Belanja secara online memang menjadi salah satu kegiatan yang menarik yang bisa dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Tapi sebelum berbelanja, beberapa hal di atas tadi perlu dijadikan pertimbangan agar produk yang sesuai bisa Anda dapatkan. Dan yang terpenting, jangan berbelanja sesuai keinginan tapi harus sesuai dengan kebutuhan.