Covid-19 atau Virus Corona memang sedang menjadi perhatian di seluruh dunia. Pasalnya virus ini telah menginfeksi ribuan orang dari begitu banyak negara. Bahkan akibat infeksinya itu terdapat ratusan orang yang telah kehilangan nyawa. Oleh sebab itu, kita penting untuk mawas diri agar tidak tertular dari virus ini. Lantas bagaimana caranya? Agar tidak salah paham, mari simak beberapa tips ampuh terhindar dari penularan virus corona berikut ini.

Tips Ampuh Agar Tidak Tertular Covid-19
Caucasian woman washing her hands

4 Tips Jitu Terhindar dari Virus Corona yang dapat Dilakukan

Sebagaimana telah dijelaskan di awal bahwa virus corona saat ini telah menginfeksi ribuan orang dari berbagai negara. Bahkan di Indonesia virus dikabarkan telah menginfeksi lebih dari 800 jiwa. Mengingat tingginya angka penularan virus corona, maka penting bagi setiap pribadi untuk melakukan beberapa upaya untuk terhindar dari penularan tersebut. Berikut ini beberapa tips terhindar dari virus corona yang dapat dilakukan.

1. Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Tips pertama yang dapat dilakukan adalah mencuci tangan menggunakan sabun. Pada dasarnya infeksi virus corona dapat disebabkan oleh kondisi pribadi yang kotor, diantaranya adalah tangan. Oleh karena itu, ketika telah usai dari semua jenis kegiatan (terutama di luar rumah), maka cucilah tangan menggunakan sabun. Pastikan tiap-tiap sela-sela tangan dibersihkan, sehingga dapat terhindar dari penularan virus corona.

2. Jika Tidak Penting Keluar, Maka Sebaiknya Di Rumah Saja

Tips kedua yang juga tidak kalah penting adalah jika tidak penting keluar, maka sebaiknya di rumah saja. Sebagaimana diketahui, bahwa virus corona memiliki potensi besar untuk terinfeksi ketika berada di luar rumah. Sebab ketika seseorang dapat bertemu dengan orang lain yang bisa saja diantaranya ada yang telah terinfeksi. Oleh sebab itu, agar terhindar dari penularan virus corona sebaiknya di rumah saja jika memang tidak memiliki hal urgen untuk keluar.

3. Menggunakan Masker Saat Ke Luar Rumah

Apabila memang mengharuskan diri untuk ke luar rumah, maka langkah antisipasi untuk terhindar dari penularan virus corona adalah menggunakan masker. Terlebih ketika tempat yang dituju memiliki lalu lalang yang yang cukup padat atau ramai dengan orang. Masker yang dapat digunakan saat ini cukup beragam, mulai dari masker kain, masker sekali pakai, maupun jenis masker lainnya yang sekiranya dapat memberikan rasa aman.

4. Menjaga Kesehatan Diri

Tips keempat yang juga penting untuk dilakukan adalah menjaga kesehatan diri. Usahakan setiap hari mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Sehingga hal itu dapat memberikan hal positif bagi sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang baik akan membantu terhindar dari penularan virus corona.

Nah itulah tadi beberapa tips ampuh yang dapat dilakukan untuk terhindar dari penularan virus corona. Usahakan agar tips-tips tadi dimaksimalkan, supaya penyebaran virus ini tidak bertambah. Semoga bermanfaat.