Akhir-akhir ini masyarakat memang sangat bergantung pada koneksi internet. Masyarakat seperti siap lapar tapi tidak siap kehilangan koneksi internat, dan ini memang realita manusia milenial di zaman sekarang. Berbicara mengenai bermain internet, maka kita kita perlu memiliki paket data internet agar smartphone kita bisa terhubung dengan internet. Namun, dilapangan nyatanya harga paket internet masih terbilang mahal. Jadi, bagi kalian yang tak memiliki banyak budget untuk membeli kuota internet, berhemat adalah cara yang perlu dilakukan. Nah, apa saja cara yang harud dilakukan agar kuota internet kalian bisa irit? Simak artikel ini sampai habis.

1. Matikan data untuk setiap aplikasi yang tidak penting

Agar paket data kamu tidak boros alias cepat habis, selalu matikan data seluler pada aplikasi yang tidak penting atau jarang dipakai. Untuk itu, kamu hanya menyalakan aplikasi yang setiap hari atau yang sering dipakai saja.

2. Uninstal aplikasi penyedot kuota

Berikutnya, upaya yang perlu dilakukan agar paket data kamu tidak cepat raib, sebaiknya hapus saja aplikasi yang menyedot data berlebih, padahal aplikasi tersebut jarang dipakai. Nah, untuk mengecek aplikasi mana aja yang menyedot data, kamu perlu memuka menu Setting kemudian buka data usage, scroll ke bawah lalu disitu kamu akan melihat mana aplikasi yang paling banyak menyedot data.

3. Kurangi mendownload video

Seperti yang kita tahu, mendownload video hanya bakal menguras habis paket data internet kamu. Jika kuotamu hanya 1 atau 2 GB dan dipakai untuk mendownload video pasti kuota kamu bakal cepat habis. Maka, tidak mendowload video adalah cara yang bijak agar kuota internet tetap awet.

4. Hindari menggunakan personal hotspot

Kalua kamu tak ingin paket data kamu boros, upayakan untuk tak menyalakan personal hotsport terlalu sering untuk kebutuhan laptop atau PC. Sebab, penggunakan personal hotspot seperti ini bakal membuat kuota internet kamu jadi sangat boros. Untuk kebutuhan laptop atau PC, usahakan untuk menggunakan sambungan WiFi saja, karena data yang tersedot saat melakukan personal hotspot sangatlah besar.

5. Pilih kualitas paling rendah untuk streaming youtube

Jika kalian hobi streaming di youtube, biasakan untuk mengatur kualitas gambar pada level paling rendah. Hal ini bakal membantu kamu untuk menghemat paket data internet. Dengan memilih kualitas gambar yang paling rendah, maka kuota yang dipakai juga akan sedikit.
Berikut ada 5 tips agar paket data intenetmu tidak boros. Memang, kita semua menyadari bahwa koneksi saat ini yang super cepat untuk jaringan 4G bisa membuat kita menjadi lupa diri karena saking asyiknya menjelajahi dunia maya. Namun, hal ini tak boleh membuat kamu menjadi boros dalam pembelian kuota internet.