Tahun 2020 memang menjadi tahun yang terbilang sulit untuk Indonesia, sebab tengah menghadapi pandemi corona. Perekonomian yang ikut goyah akibat pandemi ini perlu diakui membuat banyak kalangan khawatir mengenai penghasilan yang terancam merosot. Kekhawatiran ini ternyata juga dirasakan oleh kalangan PNS, apalagi ada kemungkinan THR tidak cair. Benarkah demikian?

THR dan Gaji 13 PNS Tahun 2020 Tetap Cair, Berikut Jadwalnya

Detail Jadwal Pencairan THR dan Gaji 13 PNS

THR dan juga Gaji 13 merupakan salah satu gaji tambahan bagi kalangan PNS, yang tentu pencairannya sangat dinantikan. Namun ketika pandemi corona masuk ke Tanah Air ada kabar jika kedua gaji tambahan diluar gaji bulanan ini pending atau bahkan batal cair.

Namun, kabar tersebut ditampik oleh pihak pemerintah karena sejak dulu memang berkomitmen untuk memberikan jaminan kesejahteraan bagi para PNS. Dipastikan dan ditegaskan pula jika tahun 2020 baik THR maupun Gaji 13 PNS tetap akan cair.

Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, pencarian dana THR akan dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Berhubung setiap tahunnya Hari Raya ini terus maju maka pencairan THR pun akan mengikuti. Kabarnya pencairan THR PNS akan dilakukan pada bulan Mei, dan kepastiannya tentu menunggu sampai hari H atau ada pengumuman lanjutan dari pihak pemerintah.

Sedangkan untuk Gaji 13, masih memakai sistem perhitungan di tahun-tahun yang telah lewat. Yakni tetap akan dicairkan pada awal tahun ajaran baru anak sekolah, diprediksi akan cair serentak di awal sampai pertengahan bulan Juli 2020 mendatang.

Prediksi pencairan THR ini memang akan lebih cepat dibanding tahun sebelumnya, hal ini mengikuti majunya Hari Raya Idul Fitri. Kabar ini tentunya menjadi kabar yang menegangkan sekaligus menggembirakan bagi kalangan PNS. Setelah Hari Raya pun bisa mendapatkan gaji tambahan lagi dengan cairnya Gaji 13.

Meskipun diinformasikan bahwa gaji yang diterima PNS di tahun 2020 tidak mengalami kenaikan. Namun pencairan THR lebih cepat atau lebih awal, selain itu jumlah nominal THR yang diterima akan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Hal serupa juga berlaku untuk Gaji 13 yang akan mengalami kenaikan.

Diharapkan dengan pencairan Gaji 13 maupun THR bisa membantu PNS di seluruh Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Selain itu dianjurkan pula untuk memanfaatkannya secara bijak. Apalagi di tengah pandemi corona yang diprediksi dampaknya akan terasa sampai akhir Mei.

Bahkan ada kemungkinan perlu masa pemulihan sampai akhir tahun. Hal ini terlihat dari revisi atau pembaharuan cuti bersama untuk libur lebaran yang diundur sampai Desember 2020. Namun, tentu saja tetap ada harapan pandemi corona ini berakhir lebih cepat sehingga aktivitas bisa kembali normal. Perekonomian di Tanah Air pun segera membaik yang tentunya menjadi kabar paling membahagiakan di tahun 2020.