Bila Anda ingin mengetahui cara kerja server pulsa, maka kami akan menjelaskan bagaimana server pulsa itu bekerja. Diketahui, Server Pulsa bukan mesin yang digunakan menciptakan pulsa sendiri. Sebuah Server Pulsa hanyalah menyalurkan transaksi proses pengisian dari agen pulsa/counter pulsa ke operator setiap provider contohnya Telkomsel, Indosat, Three, XL, Smartfren, Esia, Ceria, Token PLN, dan sebagainya.

Proses pesan transaksi counter pulsa yang dikirim ke Server Pulsa bisa melalui SMS, aplikasi chat Yahoo Messenger, WhatsApp atau aplikasi yang lain. Setelah pesan agen dibaca oleh server pulsa, maka secara otomatis akan meneruskan perintah pengisian pulsa sesuai dengan nomor yang akan diisi.  Maka dari itu, sever pulsa harus mempunyai stok dari masing-masing operator selular. Jika stok pulsa kosong, maka transaksi pengisian pulsa oleh agen Anda gagal. Semua transaksi tersebut berjalan otomatis dilakukan oleh sistem komputer dan tidak perlu campur tangan manusia.

Tugas Operator Server Pulsa

Tugas seorang operator server pulsa bukan hanya melihat-lihat transaksi yang sedang berjalan saja, namun juga perlu mengisi saldo agen melalui server atau SMS, bila ada agen pulsa yang ingin mengisi saldo. Kuncinya, server pulsa Anda harus ada saldonya agar proses transaksi pengisian pulsa lancar. Di bawah ini kami akan menjabarkan beberapa tugas dari operator server pulsa, di antaranya:

  • Menjual Saldo Pengisian Pulsa kepada Agen: Operator pulsa bisa mengirim atau menjual saldo kepada agen, meskipun belum mempunyai stok pulsa. Hal itu dikarenakan saldo yang diberikan atau dijual ke agen hanyalah angka yang dibuat oleh pihak server. Sehingga, untuk mengirim saldo tidaklah harus mempunyai stok pulsa. Akan tetapi, jika operator tidak punya stok pulsa, maka agen yang telah membeli saldo tadi tidak akan bisa mengisi pulsa.
  • Menyediakan Stok Pulsa: Operator Server Pulsa sebisa mungkin sudah menyediakan stok pulsa sebelum ada agen yang membeli saldo kepada Anda. Menyiapkannya tidak perlu banyak stok, yang terpenting operator selalu siap stok pulsa saat agen ingin melakukan transaksi pengisian pulsa. Misalkan operator mempunyai stok pada server sekitar Rp600.000, maka operator tetap bisa mengirim saldo di atas angka tersebut ke agen.
  • Mengatur Keuntungan Per Transaksi Pulsa: Untuk mengatur laba per transaksi pulsa, maka Anda bisa melakukan pada kisaran Rp100 sampai Rp2.000. Produk pulsa dengan nominal 5.000 dan 10.000, sebaiknya disetting rendah, karena di sini persaingan harga sangatlah ketat. Namun, bila Anda mengaturnya tinggi, maka akan berdampak kurang baik dalam hal kepercayaan dari masyarakat terkait pelayanan dari server pulsa Anda.

Sebaiknya, setting tinggi untuk produk pulsa Anda dengan nominal di atas 20.000 sampai 100.000. kemudian buat rata-rata keuntungan Rp.200 / transaksi pulsa, maka Anda bisa menghitung sendiri berapa keuntungan Anda. Jika dalam sehari bisa mencapai 500 transaksi pulsa dari agen Anda, maka Anda dapat Rp100.000 per hari.