Karbohidrat memang menjadi salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Nantinya karbohidrat akan dirombak menjadi energi oleh tubuh, sehingga tubuh dapat melakukan berbagai aktivitas. Oleh sebab itu, asupan karbohidrat bagi tubuh tetaplah harus diperhatikan, terlebih ketika berpuasa. Perlu diketahui, karbohidrat tidak melulu didapat dari nasi, namun juga ada pada jenis bahan pangan lainnya. Apa saja jenis bahan pangan selain nasi yang mengandung karbohidrat?

Selain Nasi, Ini 5 Sumber Karbohidrat Saat Berbuka Puasa

5 Sumber Karbohidrat yang Cocok untuk Berbuka Puasa Selain Nasi

Nasi pada dasarnya merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, baik ketika berpuasa maupun di hari-hari biasa. Nasi pun kerap kali menjadi pilihan untuk disantap ketika berbuka dalam rangka memenuhi kebutuhan karbohidrat. Namun sebenarnya masih ada pilihan menu lainnya yang memiliki kandungan karbohidrat dan dapat disantap ketika berbuka. Berikut ini beberapa pilihannya.

1. Roti

Barangkali roti bukanlah hal baru untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Walaupun tidak menjadi makanan pokok, namun roti sering dijadikan cemilan atau makanan ringan. Roti pun dapat pula disantap ketika berbuka, sebab memiliki kandungan karbohidrat yang baik. Sehingga mampu memberikan asupan karbohidrat bagi tubuh.

2. Jagung

Pilihan makanan kedua yang mengandung karbohidrat dan dapat dijadikan menu berbuka adalah Jagung. Tentunya di Indonesia menemukan jagung bukanlah perkara sulit, sebab banyak daerah yang warganya menanam jagung. Bahkan jagung pun dapat ditemukan dengan mudah di pasaran dan dapat diolah menjadi aneka makanan yang lezat serta sehat.

3. Beras Merah

Pilihan selanjutnya untuk dijadikan santapan berbuka selain nasi putih adalah beras merah. Barangkali nama dari beras merah ini sudah pernah Anda dengan namun belum mencicipi rasanya. Beras merah memiliki kandungan karbohidrat yang baik bagi tubuh dan bahkan ramah terhadap para penderita diabetes. Oleh karena itu, beras satu ini dapat dijadikan opsi untuk disantap ketika berbuka puasa.

4. Kentang

Sumber karbohidrat keempat selain nasi adalah kentang. Bahan pangan yang tergolong ke dalam umbi-umbian ini memang memiliki kadar karbohidrat yang baik bagi tubuh dan dapat menggantikan peran nasi. Kentang bisa diolah menjadi aneka menu yang sehat dan lezat, serta cocok untuk disajikan ketika berbuka puasa. Selain itu, menemukan kentang di pasaran terbilang mudah dan harganya pun cukup terjangkau.

5. Pisang

Barangkali makanan yang kelima sudah lumrah dikonsumsi dan menjadi favorit banyak orang. Pisang dapat dijadikan sebagai menu berbuka yang sehat, sebab memiliki kandungan karbohidrat dan kaya akan serat. Pisang pun dapat disantap secara langsung dan dapat pula diolah menjadi jenis makanan lainnya.

Itulah tadi beberapa sumber karbohidrat selain nasi yang dapat dijadikan pilihan menu berbuka. Selain mengenyangkan, tentunya kelima makanan tadi juga menyehatkan. Selamat mencoba.