Kehadiran perusahaan tentu sangat memberikan kontribusi positif dalam hal ketersediaan lapangan pekerjaan. Bahkan jika dilihat lebih jauh, perusahaan pun ikut serta dalam upaya pembangunan ekonomi suatu negara.

Saat ini telah begitu banyak perusahaan besar yang didirikan dan berhasil mencapai kejayaannya hingga meraih predikat Unicorn. Lantas perusahaan mana saja yang mendapatkan predikat itu?

Sejumlah Perusahaan yang Mendapatkan Predikat Unicorn

7 Perusahaan Dunia yang Berpredikat Unicorn

Unicorn pada dasarnya merupakan sebuah predikat yang diberikan kepada perusahaan dengan nilai valuasi tertentu, yaitu lebih dari Rp. 14,7 Triliun atau USD 1 Miliar.

Berdasarkan informasi terbarunya saat ini telah ada 400 lebih perusahaan dengan nilai valuasi demikian, sehingga dapat dikategorikan sebagai Unicorn.

Berikut ini akan disampaikan 7 perusahaan dunia yang berpredikat unicorn sebagai bahan penambah wawasan kita.

1. Hashi Corp

Perusahaan ini berasal dari Amerika Serikat dan diketahui bergerak di bidang penyedia jasa layanan internet beserta produk software. Nilai valuasi yang berhasil dicapai oleh Hashi Corp adalah USD 51 Miliar, sehingga tidak heran jika mendapatkan predikat unicorn.

2. Kuaishou

Perusahaan berikutnya yang juga ada dalam deretan unicorn adalah Kuaishou. Perusahaan ini berasal dari China dan memiliki valuasi sebesar USD 18 Miliar. Kuaishou diketahui menggeluti bidang telekomunikasi dan aspek seluler lainnya.

3. Spacex

Satu lagi perusahaan asal amerika yang juga berhasil mendapatkan title unicorn. Spacex memiliki sejumlah investor kenamaan, sebut saja Rothenberg Ventures dan Founders Fund. Berdasarkan catatan keuangannya, perusahaan ini berhasil meraup valuasi sebesar USD 46 Miliar.

4. Toutiao (Bytedance)

Toutiao (Bytedance) merupakan perusahaan besar asal China yang bergerak di bidang kecerdasan buatan (AI). Perusahaan ini memiliki valuasi sebesar USD 130 Miliar dan diketahui baru join dalam kurun waktu 3 tahun belakangan.

5. Shein

Perusahaan berikutnya yang juga mendapatkan title unicorn adalah Shein. Perusahaan ini berasal dari China dan mendapatkan valuasi senilai USD 15 Miliar dan baru saja bergabung dalam kuran waktu 2 tahun ini.

6. Epic Games

Perusahaan Unicorn keenam kali ini adalah Epic Games. Perusahaan ini berasal dari Amerika Serikat dan mendapatkan dana dari beberapa investor, seperti Smash Ventures dan Tencent Holdings. Hingga kini Epic Games memiliki nilai valuasi lebih kurang USD 17,3 Miliar.

7. Didi Chuxing

Didi Chuxing merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan bidang otomotif. Perusahaan ini terbilang cukup lama bergabung, yaitu sekitar 6 tahun yang lalu. Didi Chuxing dikategorikan sebagai unicorn karena memiliki valuasi sebesar USD 56 Miliar.

Selain dari ketujuh perusahaan tadi, masih begitu perusahaan besar lainnya yang berhasil mencapai predikat unicorn. Tentunya keberhasilan itu merupakan suatu prestasi yang membanggakan, baik bagi sisi organisasi perusahaan maupun negara asalnya.