Sampai hari ini kita masih bergelut dengan permasalahan penyebaran virus corona di sejumlah daerah. Ada daerah yang mengalami penurunan kasus dan ada pula daerah yang justru mengalami lonjakan kasus infeksi.

Walaupun demikian kenyataan ini harus dihadapi, apalagi sekarang telah bergulir wacana new normal. Terkait dengan new normal, maka ada sejumlah hal yang harus dibiasakan oleh masyarakat, termasuk dalam dunia kerja. Lalu apa saja yang akan ditemukan para pekerja pada masa new normal tersebut?

Sejumlah Kebiasaan Baru Dunia Kerja Saat New Normal

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Para Pekerja Saat New Normal

Kembali bekerja merupakan impian setiap individu dalam masa pandemi covid-19 ini. Pasalnya semenjak virus tersebut menyebar, cukup banyak pekerja yang diliburkan dan ada pula yang harus merelakan pekerjaannya.

Mengingat suasana bekerja akan dilalui dalam masa penanganan kasus covid-19, maka sudah tentu akan ada ketentuan khusus yang harus ditaati. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan para pekerja saat new normal.

1. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Diri

Hal pertama dan terpenting adalah para pekerja harus memperhatikan betul aspek kesehatan dan kebersihan diri mereka. Jika selama ini dua hal tersebut sering diabaikan, maka ketika memasuki new normal mau tidak mau harus mulai memperhatikannya.

Sebab kebanyakan kasus penularan virus covid-19 diantaranya dikarenakan abai dalam menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

2. Menggunakan Masker Saat Bekerja

Hal lainnya yang juga akan menjadi pembiasan bagi para pekerja di kala new normal adalah mereka harus menggunakan masker saat bekerja. Tujuan penggunaan masker adalah sebagai Alat Pelindung Diri (APD), sehingga dapat mengurangi risiko tertular virus corona maupun jenis penyakit lain saat bekerja.

Masker yang dikenakan sendiri dapat berupa masker kain yang notabene saat ini cukup mudah untuk ditemukan dengan tawaran harga terjangkau.

3. Penyesuaian Jam Kerja

Hal ketiga yang barangkali juga akan ditemukan saat new normal adalah penyesuaian jam kerja. Sejatinya ketika new norma masyarakat dapat beraktivitas kembali, namun keadaannya sudah pasti tidak 100% sama seperti biasa.

Pasalnya pemerintah akan menyesuaikan beberapa aturan, termasuk di antaranya adalah jam kerja para pekerja. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menyesuaikan keadaan baru dengan kehidupan yang berdamping bersama covid-19.

4. Menjaga Jarak Aman Antar Sesama

Selanjutnya pada saat bekerja dalam suasana new normal, maka setiap pekerja diminta untuk tetap menjaga jarak antar sesama. Tentunya menjaga jarak termasuk salah satu protokol kesehatan covid-19 yang harus ditaati oleh setiap anggota masyarakat, termasuk para pekerja. Menjaga jarak dilakukan baik ketika bekerja, beristirahat, hingga menggunakan fasilitas umum seperti lift.

Itulah tadi beberapa hal yang akan dihadapi para pekerja di saat new normal nanti. Semoga saja setiap orang nantinya mampu menghasilkan pekerjaan terbaik, sehingga dapat memberikan penyegaran dari sisi perekonomian mereka.