Sudah lama jadi agen pulsa biasa? Ingin memiliki downline dan memperluas jaringan pemasaran produk? Anda bisa berinvestasi lebih dengan menjadi seorang master dealer. Namun, posisi ini saja tidak cukup. Jika Anda ingin mendapatkan produk pulsa elektrik langsung dari operator, maka Anda perlu membuka sebuah server sendiri. Tentunya, harga yang ditawarkan juga akan jadi jauh lebih murah.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuka sebuah server?

1. Perangkat komputer atau laptop

Untuk menjalankan proses pengisian transaksi, Anda memerlukan perangkat dengan kualitas memadai. Setidaknya gunakan komputer yang telah dibelaki prosessor dual core dan RAM minimal 1GB.

2. Perangkat UPS (Uninterrutible power supply)

Kelancaran transaksi sangat didukung dengan kondisi server yang selalu standby. Apabila terjadi pemadaman listirk, tentu proses pengisian pulsa akan terganggu. Oleh karena itu, Anda memerlukan alat yang bisa menyimpan daya sementara atau yang biasa disebut UPS.

3. Modem untuk chip provider

Chip dari setiap provider nantinya akan disambungkan ke perangkat komputer melalui modem. Anda bisa memilih untuk menggunakan satu modem untuk satu chip atau satu modem untuk bebeerapa kartu sekaligus.

4. Software pulsa

Satu hal lagi yang tidak boleh terlewatkan dalam membangun server pulsa yaitu software atau aplikasinya. Tanpa perangkat lunak ini, Anda tidak dapat mengirimkan perintah transaksi ke operator yang dituju. Pastikan untuk menggunakan software yang asli dan juga berkualitas dari developer terpercaya demi menjaga kelancaran setiap transaksi usaha pulsa elektrik Anda.

Bagaimana menghadapi persaingan harga

Lebih menariknya bisnis server pulsa dibandingkan hanya berjualan sebagai agen tentu mengundang lebih banyak pesaing. Sebagai pemula, Anda mungkin merasa khawatir akan kalah dalam persaingan.

Untuk bisa memperoleh perhatian dari konsumen, Anda tidak harus serta merta menawarkan harga produk semurah-murahnya. Pilihlah strategi lebih bijak diantaranya:

  • Mengurangi biaya yang dikeluarkan di awal usaha, misalnya dengan membeli softwar server pulsa murah dari developer terpercaya sehingga tetap unggul di kelasnya.
  • Menawarkan layanan lebih melalui pemberian bonus dan penambahan varian produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Menentukan harga dengan jeli sesuai dengan kecepatan layanan. Jangan sampai Anda sudah memberikan harga sangat murah tetapi konsumen tetap kecewa dengan proses pengisian pulsa yang lama apalagi sering gagal.
  • Mempromosikan produk dengan cermat, misalnya secara online. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas tanpa terlalu dibebani oleh biaya promosi yang tentunya akan mempengaruhi nilai jual produk pulsa yang Anda tawarkan.
  • Memastikan ketersediaan produk agar konsumen atau agen tidak berpindah ke lain server. Produk pulsa elektrik termasuk produk yang tidak memiliki masa kadaluarsa, jadi tidak ada salahnya Anda menyetok saldo lebih banyak demi memenuhi kebutuhan setiap konsumen terutama di saat-saat mendesak.

Jadi, tunggu apalagi? Masihkah Anda ingin berada di posisi agen dan hanya memperoleh pendapatan dari penjualan pulsa pada konsumen langsung. Jika Anda ingin memperluas jaringan, maka bukalah server pulsa murah segera.