Mulut terasa pahit, apakah Anda pernah merasakannya? Umumnya rasa pahit di mulut dapat dirasakan ketika kondisi mulut dalam keadaan kering. Alhasil ini pun sering kali dirasakan oleh orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa.

Tentunya akan sangat mengganggu ketika berpuasa dengan mulut yang terasa pahit. Oleh sebab itu, mari kenali beberapa penyebab mulut pahit saat puasa yang akan dijelaskan di bawah ini, sehingga kita dapat meminimalisirnya.

Risih Mulut Pahit Saat Puasa, Kenali Penyebabnya!

4 Faktor Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Berpuasa

Sebagaimana telah disinggung di awal tadi bahwa salah satu penyebab mulut terasa pahit adalah kondisi mulut yang kering. Hal ini berarti tubuh kita sedang mengalami kekurangan cairan, sehingga produksi air liur (yang membasahi mulut) pun cenderung menurun. Ternyata selain disebabkan kondisi kekurangan cairan, mulut pahit yang juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut.

1. Jarang Menyikat Gigi Saat Berpuasa

Faktor pertama yang menyebabkan mulut terasa pahit di saat berpuasa adalah jarang menyikat gigi. Barangkali Anda sudah mengetahui ketika kita malas untuk menyikat gigi, maka bakteri di mulut akan beraktivitas atas sisa makanan yang menempel di gigi. Selain membuat gigi menjadi rusak, hal itu juga membuat mulut terasa pahit. Sehingga ketika tidak heran ketika jarang menggosok gigi saat berpuasa, maka mulut pun akan pahit.

2. Faktor Asam Lambung

Faktor penyebab kedua adalah asam lambung. Saat berpuasa memang cenderung akan terjadi aktivitas asam lambung yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan kondisi yang perut kosong, sehingga asam lambung pun menjadi naik. Biasanya ketika ini terjadi perut akan terasa perih dan mulut juga akan terasa pahit. Sebaiknya kondisi seperti ini jangan dianggap sepele, sebab dapat menjadi lebih berbahaya.

3. Pertanda Hamil

Barangkali faktor ketiga ini juga dapat menjadi kabar gembira bagi Anda yang telah memiliki pasangan sah. Kondisi mulut yang terasa pahit juga dapat menjadi pertanda bahwa Anda sedang hamil. Umumnya kondisi akan terjadi pada fase trimester pertama usia kehamilan.

4. Akibat Berhenti Merokok

Faktor keempat yang juga menjadi pemicu kondisi mulut pahit saat berpuasa adalah berhenti merokok. Bulan ramadhan memang tidak hanya menjadi kesempatan untuk melaksanakan ibadah, namun juga menjadi ajang untuk orang-orang berhenti dari kebiasan merokok. Mulut pahit ternyata diketahui sebagai satu efek dari upaya untuk berhenti merokok tersebut.

Jadi, selain dikarenakan kekurangan cairan mulut pahit juga dapat disebabkan kebiasaan jarang sikat gigi, asam lambung, indikator kehamilan, dan juga efek samping dari upaya berhenti merokok.

Ketika telah mengetahui faktor penyebab dari mulut pahit, maka kita dapat mengambil tindakan yang tepat. Demikianlah, semoga informasi seputar penyebab mulut terasa pahit saat berpuasa ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa untuk tetap di rumah saja mengingat pandemi corona yang masih berlangsung.