Pulsa memang kebutuhan yang sangat penting di era canggih seperti sekarang ini. Pasalnya pulsa ibaratnya adalah sebuah bahan bakar untuk alat komunikasi kita. Percuma bukan jika memiliki ponsel pintar namun nyatanya tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi lantaran tidak adanya pulsa di dalamnya? Oleh karena itu, banyak orang yang berlomba-lomba menjadi agen pulsa.

Namun pernahkah kamu bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya alur sistem pengisian pulsa tersebut hingga bisa kamu gunakan?

Seperti yang kita tahu, pulsa diisikan oleh counter atau agen. Nah… pulsa-pulsa tersebut dipasok dari aplikasi server. Server pulsa adalah seperangkat komputer yang di dalamnya diinstal software pulsa yang mana nantinya akan terhubung dengan setiap chip berbagai operator. Jadi bisa dikatakan jika server pulsa tidak memproduksi pulsa sendiri, melainkan bertugas permintaan setiap counter atau agen kepada masing-masing provider dalam melakukan deposit saldo. Nantinya pesan transaksi bias dikirim melalui SMS.

Untuk lebih jelasnya, hubungan antara konsumen, counter, dengan server pulsa bias dilihat dari perbedaan ketiganya dalam menerima posisi saldo pulsa yang dijadikan transaksi. Sebagai konsumen saja, kamu adalah orang terakhir dalam rangkaian ini karena hanya menikmati produknya saja. Sedangkan untuk counter, bisa dikatakan sebagai pihak ketiga lantaran counterlah yang mengirimkan pulsa untukmu. Maka di rangkaian itu, server pulsa merupakan pihak kedua karena bertugas menghubungkan provider kartu ke counter.

Untuk membangun server, bukan hal yang sulit tapi juga tidak mudah. Diperlukan kecermatan dan keahlian memanajemen keuangan yang baik agar tidak mengalami kerugian besar. Ada baiknya kamu menyiapkan hal-hal berikut ini agar bisnismu paling tidak mempunyai persiapan yang mumpuni :

1. Modal

Modal disini bukan hanya uang saja, melainkan berbagai macam peralatan dan perlengkapan dalam membangun server pun juga harus disiapkan. Mulai dari komputer dengan spesifikasi RAM minimal 1 GB, OS minimal Windows XP, kabel USB, modem, UPS dan yang paling penting adalah software pulsanya. Semua keperluan tersebut bisa didapat dengan modal minimal 3 jutaan saja.

2. Stok

Stok pulsa dibutuhkan dan harus selalu ada karena agen bisa setiap saat datangnya dalam mengisi saldo mereka. Stok bisa didapat dengan Host to Host (h2h) dan chip masing-masing provider di gerai resmi mereka.

3. Agen

Yang perlu diingat, server pulsa biasanya juga merupakan seorang agen, sedangkan seorang agen belum tentu menjadi server. Bagi pebisnis server, semakin banyak agen mereka yang berdeposit, maka semakin besar keuntungan yang didapat. Tentunya hal tersebut didapatkan dari strategi marketing yang bagus karena tidak semua pebisnis server bisa sukses meraup keuntungan besar.

Server ini pada kenyataannya memang memudahkan transaksi dalam jual beli pulsa. Bagaimana tidak, chip yang berbeda dari masing-masing provider mengharuskan counter memiliki masing-masing ponsel untuk setiap providernya. Bisa dibayangkan berapa banyak ponsel yang dibutuhkan, bukan? Server ini dapat mudah ditemukan, salah satunya adalah server pulsa android. Berbisnis menggunakan aplikasi ini memiliki beberapa keuntungan, yaitu tidak perlunya mengingat format SMS, menghafal nomor pusat, atau mengingat YM center. Hanya dengan sekali klik, maka transaksi sudah bisa dilakukan. Mudah, bukan? Tertarik untuk mencoba?