Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memang sedang mencuat beberapa hari belakangan. Pembahasan terkait pembatasan ini muncul setelah kasus infeksi corona di tanah air semakin bertambah. Secara sederhana PSBB ini dapat diartikan sebagai upaya untuk membatasi sejumlah kegiatan masyarakat di daerah yang telah terinfeksi corona, sehingga dapat membatasi penyebaran virus tersebut. Lalu kapankah pembatasan sosial skala besar ini diterapkan?

PSBB Akan Segera Berlaku, Periksa Tanggal Pastinya

10 April PSBB Akan Diberlakukan di Jakarta

Sebagaimana telah disinggung di awal tadi, PSBB merupakan salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona di tanah air. Oleh karena itu, pada 10 April nanti Jakarta secara resmi akan memberlakukannya. Mengapa di Jakarta yang pertama kali memberlakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar ini?

Jakarta pada dasarnya merupakan kota besar dengan jumlah penduduk yang sangat padat. Tentunya hal itu membuat peluang penyebaran virus corona memang terbilang besar. Hingga hari ini penyebaran virus corona dengan kasus positif terbanyak di indonesia masih berada di Jakarta. Hal inilah pula yang menjadikan alasan bagi Pemprov DKI Jakarta untuk memberlakukan pembatasan sosial berskala besar.

Pembatasan sosial ini tidaklah serta merta diterapkan oleh pemerintah DKI Jakarta. Namun telah melalui berbagai pertimbangan dan juga diajukan terlebih dahulu kepada Kementerian Kesehatan RI. Akhirnya beberapa waktu lalu, Kementerian Kesehatan telah menyetujui usulan pembatasan sosial oleh Jakarta tersebut. Rencananya kebijakan PSBB ini akan diberlakukan secara resmi pada tanggal 10 April mendatang.

Bagi Anda warga kota Jakarta, sebaiknya tidak usah panik dalam menyikapi kebijakan PSBB ini. Meskipun pembatasan, namun masih ada sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan. Berikut ini jenis kegiatan yang masih diizinkan selama pemberlakuan PSBB.

1. Akses Keluar dan Masuk Jakarta

Kegiatan pertama yang masih diizinkan adalah melakukan aktivitas keluar dan masuk Jakarta. Walaupun diizinkan, namun kegiatan ini akan dikawal ketat oleh petugas. Selain itu jumlah orang yang akan keluar dan masuk dalam satu kendaraan juga tetap dibatasi.

2. Membeli Perlengkapan Obat-Obatan

Kegiatan kedua yang masih diperbolehkan selama PSBB adalah membeli perlengkapan obat-obatan. Pemerintah telah memastikan bahwa kawasan yang menjual obat-obatan tetap dibuka untuk memastikan keselamatan dan kesehatan masyarakat.

3. Membeli Produk Secara Online

Kegiatan selanjutnya adalah membeli produk secara online. Setiap anggota masyarakat masih dapat melakukan aktivitas belanja secara online, namun tetap terkontrol. Selain itu, aktivitas pengiriman barang pun masih diizinkan.

Mengingat pembatasan ini menjadi hal penting, maka mari dukung pemerintah dengan cara mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Jika memang harus melakukan sejumlah kegiatan yang diizinkan tadi, maka lakukanlah dengan hati-hati dan tetap menjaga kebersihan diri. Selain itu, perhatikan pula kesehatan tubuh agar tetap terjaga, sehingga dapat mengurangi risiko terinfeksi corona.