Peran utama kegiatan digital marketing adalah memasarkan produk atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan secara online. Jenis kegiatannya beragam untuk menjangkau pengguna internet, baik melalui perangkat komputer maupun smartphone. Efek yang ditimbulkan memang tidak berbeda jauh dengan sistem marketing konvensional.

Peran Digital Marketing Dalam Bisnis

Jenis Kegiatan Digital Marketing

Teknik pemasaran secara digital berbeda dengan pemasaran secara langsung alias offline, sebab dilakukan secara online. Bentuk atau jenis kegiatan digital marketing ini antara lain:

  • Menjual produk atau jasa melalui marketplace untuk menarik pembeli yang berkunjung ke marketplace tersebut.
  • Memasang atau menaikan iklan lewat Facebook Ads, Google Ads, dan fasilitas iklan online lainnya.
  • Membuat website untuk kebutuhan jual beli online.
  • Membuat video iklan kemudian di post di Youtube.
  • Membuat akun sosial media yang berkaitan dengan bisnis online yang dijalankan.
  • Menawarkan produk atau jasa memanfaatkan fitur email marketing ke banyak alamat email.
  • Menerapkan teknik SEO untuk meningkatkan peluang transaksi secara organik.

Peran dan Manfaat dari Digital Marketing

Teknik pemasaran secara digital akan dilakukan oleh digital marketer, dan sudah bisa disebut sebagai kegiatan digital marketing. Jika ditanya peran atau manfaat dari kegiatan ini tentu akan menemukan jawaban yang kompleks. Diantaranya adalah:

1. Terhubung dengan Konsumen dari Internet

Salah satu peran penting dari kegiatan pemasaran digital ini adalah untuk membantu terhubung dengan konsumen yang menggunakan internet. Sehingga bisa menawarkan produk ataupun jasa bagi semua pengguna internet yang terbilang potensial, tidak peduli pengguna memakai PC maupun smartphone.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Biaya yang harus dikeluarkan untuk proses pemasaran perlu diakui tidak sedikit. Apalagi jika mengandalkan pemasaran secara konvensional maka biayanya akan berkali-kali lebih tinggi dibanding pemasaran online. Inilah salah satu peran digital marketing, yakni menghemat biaya promosi atau iklan agar pengelolaan modal lebih efektif.

3. Meningkatkan Penghasilan

Internet menjadi lahan ideal untuk beriklan, karena penggunanya sangat banyak dan tidak terbentur masalah geografis maupun perbedaan waktu. Sehingga tidak hanya menjangkau semua pengguna internet yang potensial, pemasaran online juga lebih optimal dalam mendongkrak pemasukan.

Semakin banyak yang melihat iklan online yang ditayangkan maka semakin tinggi kemungkinan transaksi terjadi. Apalagi iklan online tidak mengenal waktu yang akan tetap tayang selama 24 jam penuh. Dikelola oleh server yang bekerja tiada henti, sehingga efek iklannya lebih maksimal apabila diatur dengan cermat.

Membantu Bisnis Bersaing dengan Bisnis Lebih Besar

Punya bisnis skala kecil? Tentunya akan merasa minder untuk bersaing dengan pebisnis lain yang punya kekuatan modal lebih baik. Namun, lain dulu lain pula dengan sekarang karena persoalan bisnis besar dan kecil di sistem digital marketing sudah tidak  begitu dikenal. Anda bisa leluasa bersaing secara sehat dengan bisnis besar tanpa khawatir takut kehilangan pangsa pasar. 

Menjalankan bisnis online dianjurkan sekali untuk menerapkan teknik digital marketing. Sebab peran dari teknik pemasaran online ini sangat besar dalam perkembangan bisnis online, sehingga sangat tepat untuk dicoba.