Tidak sedikit perusahaan baru berdiri di tengah masyarakat dan sebagian diantaranya berhasil sukses. Namun sayangnya tidak bisa dikatakan sedikit pula perusahaan seumur jagung ini memutuskan untuk gulung tikar. Ada berbagai faktor yang membuat sebuah perusahaan kolaps, dan salah satunya dari tata kelola keuangan yang tidak tepat.

Pentingnya Laporan Keuangan dalam Sebuah Usaha

Seberapa Penting Laporan Keuangan Dalam Usaha?

Pemilik usaha di bidang apapun dan skala berapapun tetap penting dan wajib untuk mengecek laporan keuangan. Mengapa? Alasannya antara lain:

1. Mengetahui Perkembangan Usaha

Membaca laporan keuangan perusahaan yang dimiliki sangat penting untuk dilakukan, salah satunya untuk mengecek perkembangannya. Sebuah usaha dijamin memiliki potensi untuk berkembang atau malah sebaliknya, dan mengetahuinya bisa melalui laporan keuangan. Jadi jangan remehkan kekuatan dari sekian lembar laporan kas dan laba rugi perusahaan, meski skala kecil sekalipun.

2. Mengetahui Aset Apa Saja yang Dimiliki Perusahaan

Lewat laporan keuangan pula pemilik usaha ataupun para pemegang saham sebuah perusahaan memiliki kemudahan mengetahui aset perusahaan. Seiring berjalannya waktu perusahaan akan belanja beberapa aset yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Aset ini perlu didata untuk mengetahui nilainya sekaligus jenis dan jumlahnya.

3. Bisa Mengontrol Biaya dengan Optimal

Membaca laporan keuangan secara rutin juga bisa mengetahui seberapa besar profit perusahaan yang dimiliki setiap bulan dan tahunnya. Ketika profit ini sangat terbatas maka pemilik usaha bisa mencoba melakukan kontrol secara optimal. Begitu pula sebaliknya, sehingga kondisi keuangan perusahaan cenderung lebih stabil karena biaya-biaya yang dikeluarkan diatur dengan baik dan ketat.

4. Mempermudah Pemantauan Hutang

Nyaris tidak ada perusahaan yang tidak memiliki hutang, dan bentuk hutang ini cukup beragam. Ada yang berupa hutang di bank melalui pinjaman usaha ataupun pinjaman kendaraan dan lahan dari orang terdekat seperti keluarga. Memantau hutang sangat penting untuk segera mengambil tindakan melunasinya saat kondisi memungkinkan, dan sangat terbantu dari pemaparan laporan keuangan.

5. Memberi Kemudahan Menghitung Nilai Pajak

Perusahaan bahkan skala mikro sekalipun memiliki kewajiban untuk membayar pajak dan melaporkan pajak secara disiplin. Adanya laporan keuangan perlu diakui memberi kemudahan ekstra untuk menghitung nilai pajak. Sebab sangat disesuaikan dari nilai aset perusahaan sampai nilai omzet bersih yang dimilikinya. Semua detail ini tersampaikan di dalam laporan keuangan.

Keliru rasanya jika pengusaha mengabaikan pentingnya laporan keuangan, karena bisa jadi malah membuatnya mudah bangkrut. Sebab tidak mengetahui kondisi pasti dari perusahaan yang dijalankan, bangkrut namun tidak terbaca. Mencegahnya maka bisa dengan rutin membuat dan mengecek laporan keuangan.

Gunakan jasa akuntan terpercaya dan profesional untuk membantu mendapatkan laporan keuangan yang akurat dan mudah dipahami. Supaya kondisi perusahaan diketahui dengan pasti dan mampu mengambil keputusan yang bijak.