Saat Anda mempelajari tentang dunia komputer tentu selain mempelajari software juga hardware beserta contoh-contohnya. Sudahkah mempelajari tentang motherboard?

Motherboard sendiri masuk ke dalam jenis hardware yang juga memiliki fungsi krusial. Semua komputer agar bisa berfungsi dengan baik memerlukan motherboard ini.

Pengertian Motherboard dan Komponen yang Menyusunnya

Apa Itu Motherboard

Istilah motherboard didefinisikan sebagai sebuah papan sirkuit dalam bentuk papan PCB, dan di dalamnya terdapat chip bios, jalur-jalur, dan juga konektor.

Konektor dan jalur ini akan menghubungkan akses berbagai perangkat. Istilah lain untuk menyebut motherboard adalah MOBO dan tentunya sering dipakai oleh mahasiswa komputer maupun yang berprofesi di bidang IT.

Adapun fungsi utama dari motherboard ini pada dasarnya untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lainnya.

Pusat koordinasi dari sejumlah hardware dilakukan disini. Sehingga untuk memastikan komputer berfungsi dengan baik perlu memastikan motherboard sudah terpasang dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Komponen-Komponen di Motherboard

Motherboard sendiri ternyata terdiri atas sejumlah komponen yang tentunya saling bekerjasama untuk memastikan fungsi dari motherboard ini berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa komponen-komponen tersebut:

1. Soket Prosesor

Jenis komponen pertama di dalam motherboard adalah soket prosesor, dan sesuai namanya soket ini menjadi tempat dimana prosesor dipasang. Komponen ini memiliki empat lubang untuk penyangga Heatsink Fan sebab prosesor membutuhkan penghantar panas untuk bisa bekerja atau berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Slot Memory

Sesuai dengan namanya slot memory digunakan untuk memasang kartu memori yakni RAM di motherboard. Bentuknya memanjang dan panjangnya ini sesuai dengan panjang dari RAM yang akan dipasang.

3. Slot AGP

Komponen berikutnya adalah slot AGP yang digunakan untuk memasang kartu VGA. Sehingga tanpa adanya komponen ini praktis kartu VGA tidak dapat dipasang dan akan mempengaruhi grafik di layar monitor.

4. Slot IDE

Slot IDE pada dasarnya sudah mulai jarang ditemukan, dan slot ini digunakan untuk memasang hardisk atau CD ROM di dalam motherboard. Biasanya komputer zaman sekarang sudah memakai SATA, dan umumnya IDE hanya ditemukan di komputer keluaran lama.

5. Slot PCI

Slot PCI saat ini digantikan oleh PCI Expres dan fungsinya adalah untuk mengatur proses transfer data. PCI Expres menjadi pengganti dari PCI model lama karena mampu mendukung proses transfer data yang lebih cepat.

6. BIOS

BIOS kependekan dari Basic Input Output System dan merupakan sebuah chip dengan fungsi sebagai pusat pengontrol semua perangkat keras yang terpasang di komputer. BIOS juga memiliki peran penting dalam memastikan komputer mampu dan siap melakukan booting.

7. Baterai CMOS

Sesuai dengan namanya komponen motherboard satu ini merupakan baterai dan ukurannya kecil yang berfungsi mensuplai daya atau energi agar BIOS bisa berfungsi dengan baik. Istilah CMOS adalah kependekan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor.