Email marketing banyak digunakan saat ini karena menjadi cara yang efektif untuk dapat menjangkau pelanggan dan mendorong mereka agar mau membeli produk dan jasa yang Anda punya. Dengan email marketing, Anda dapat melakukan pengiriman pesan kepada pelanggan dengan membuat pengelompokkan pemasaran dan juga pesanan yang diminta.

Pengertian Email Marketing Dan 4 Manfaatnya
Aerial view of woman using a computer laptop and a cup of tea

Pengertian Email marketing

Jika Anda ingin mencoba menggunakan email marketing, Anda harus pahami dulu pengertian dari email marketing. Email marketing merupakan cara memasarkan produk atau jasa yang dilakukan oleh marketing atau juga pelaku bisnis menggunakan sebuah media.

Email marketing bisa dibilang cara paling efektif membangun hubungan dengan para pelanggan maupun calon pelanggan sehingga mereka akan diarahkan untuk jadi pelanggan setia. Dengan melakukan pemasaran lewat email tentunya Anda sebagai pelaku bisnis dapat melakukan reaksi langsung pada tindakan yang dilakukan oleh pelanggan.

Jadi misalnya pelanggan meninggalkan proses pada saat transaksi, disini Anda bisa kirimkan email untuk tawarkan insentif jika pelanggan bersedia menyelesaikan transaksi yang dilakukan.

4 Manfaat Penggunaan Email Marketing

Ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh pelaku bisnis maupun juga pelanggan yang menggunakan email marketing sebagai jembatan komunikasi. Beberapa alasan mengapa email marketing memiliki manfaat begitu penting.

1. Biayanya Rendah

Sudah pasti keuntungan dari kehadiran email marketing yang paling jelas adalah biayanya yang rendah. Jadi biaya untuk email marketing sendiri bisa dikatakan jauh lebih rendah dibandingkan pemasaran dengan cara biasanya. Dengan email marketing, tidak ada yang namanya biaya cetak, ongkos kirim, biaya iklan dan lain-lain.

2. Mudah Menjangkau Pelanggan

Email marketing juga dapat digunakan untuk menjangkau pelanggan bahkan yang sulit sekalipun. Tentunya, dengan teknologi canggih ini, tingkat konvensi akan jadi lebih tinggi dikarenakan bisnis yang ditawarkan bisa untuk pelanggan dari manapun juga.

3. Mudah Mengirim Pesan ke Target yang Telah Ditentukan

Jika marketing dulunya hanya bisa menghabiskan uang hanya untuk menargetkan orang-orang yang mau membeli produk atau jasa mereka, beda halnya dengan email marketing. Pemasaran lewat email marketing ternyata dapat melakukan pengiriman pesan baik untuk target yang telah memenuhi kriteria maupun tidak. Dalam email marketing terdapat segmentasi yang berfungsi untuk menerika segala informasi terkait dengan pelanggan.

4. Meningkatkan Pendapatan

Jika ingin meningkatkan pendapatan, email marketing sangat bagus untuk Anda gunakan. Anda bisa mengajak calon pembeli agar tergoda untuk melakukan pembelian dan langsung memilih menu checkout. Tingkat penjualan otomatis akan meningkat dengan pesat jika Anda menggunakan email marketing sebagai cara baru dalam memasarkan produk Anda.

4. Pelanggan Tingkat Global Dapat Dicapai

Manfaat terakhir adalah pelanggan tingkat global yang berasal dari seluruh dunia dapat dicapai dengan penggunaan dari email marketing. Tentunya dengan bantuan media sosial juga, Anda bisa sebarkan produk atau jasa yang dijual dengan audiensi yang tidak terhitung jumlahnya.

Dengan begitu besarnya manfaat yang diberikan oleh email marketing, pastinya Anda bisa coba gunakan sistem ini untuk meningkatkan keuntungan dari penjualan produk atau jasa Anda. Selamat mencoba!